Penerapan E-LKPD Berorientasi Learning Cycle 7e pada Submateri Perkecambahan Biji untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p305-315Keywords:
keterampilan proses sains, Learning Cycle 7E, E-LKPD, Keterampilan proses sains,Abstract
Keterampilan proses sains didefinisikan sebagai kemampuan siswa untuk memahami, melakukan pengembangan, serta menggali informasi untuk menemukan pengetahuan dengan penerapan metode ilmiah. Keterampilan berpikir ini sangat penting dilatihkan dalam biologi karena dapat menumbuhkembangkan konsep. Pembelajaran biologi membutuhkan pendekatan dan media pembelajaran yang berdampak secara efektif dalam melatihkan keterampilan proses sains. E-LKPD berorientasi Learning Cycle 7E adalah media belajar yang dapat membantu siswa melatih keterampilan proses sains. Materi biologi yang dibelajarkan menggunakan metode ini adalah perkecambahan biji karena mencakup materi yang kompleks dan memiliki banyak konsep. Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan kepraktisan dan efektivitas E-LKPD berorientasi Learning Cycle 7E pada sub-materi perkecambahan biji. Rancangan penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design yang bertempat di SMAN 3 Surabaya pada kelas XII MIPA 2 dengan 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kepraktisan E-LKPD yang ditinjau berdasarkan dari observasi aktivitas siswa mendapatkan persentase 94% (sangat praktis) dan respon siswa mendapatkan persentase 98% (sangat positif). Sedangkan keefektifan E-LKPD ditinjau berdasarkan hasil belajar siswa yang meningkat dengan rata-rata skor N-Gain 0,92 (tinggi) dan ketuntasan indikator keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan persentase skor 96%. Kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan hasil penelitian yaitu E-LKPD berorientasi Learning Cycle 7E memenuhi syarat untuk dapat diimplementasikan dalam kegiatan belajar guna melatih keterampilan proses sains ditinjau dari segi kepraktisan dan keefektifannya.
Downloads
References
Agustin, Nurhaningtyas. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran IPA Terpadu Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Tadris, 11(1), 1-10.
Agustyaningrum, Nina. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI B SMP Negeri 2 Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ainina, Alfia N., dan Winarsih. 2020. Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Bioedu, 9(2), 193-198.
Al Husnul, E. Y., Sesunan, F., dan Rosidin, U. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 50-57.
Amri, Sofan, Ahmadi, Iif Khoirurohman. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Andini, T., dkk. 2018. Scientific Process Skills: Preliminary Study Towards Senior High School Student in Palembang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(3), 243-250.
Effendi, Darwin dan Wahidy, Achmad. 2019. Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E Model a Purposed 7E Model Emphasizes “Transfer of Learning” and The Importance of Eliciting Prior Understanding. Published by The National Science Teachers Association.
Fitriyani, R., Haryani, S., dan Susatyo, E. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1957-1970.
Grounlund, N. E. 1982. Constructing Achievement Test Third Edition. London: Prentice Hall, Inc. Englewood Cliff.
Guswita, S., dkk. 2018. Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Bagi Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Biologi di SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung. Jurnal BIOSFER, 9(2), 249-258.
Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Retrieved March 10, 2023, from https://wwwl.physics.indiana.edu/~sdi/AnalysingChange=Gain.pdf.
Hamimi, E., Susantini, E., dan Ambarwati, R. 2014. Pengembangan LKS Berorientasi Model 5E Berbahasa Inggris pada Sub Pokok Bahasan Vertebrata. Jurnal Bioedu, 3(3), 425-430.
Hasanah, Ana Uswatun dan Yuliani. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Strategi KWL (Know-What-Learned) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Jurnal Bioedu, 11(3), 785-795.
Krisna, Ega Wati., dan Yuliani. 2019. Keefektifan LKPD Berorientasi Learning Cycle 7E untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Sub-Materi Perkecambahan Biji. Jurnal Bioedu, Universitas Negeri Surabaya.
Lisna, H. 2013. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E. Bandung: UPI Bandung.
Novitasari, Febriana dan Puspitawati R. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 31-42.
Pratiwi, Diana Eka dan Yuliani. 2021. Pengembangan E-LKPD Berorientasi Learning Cycle 7E Pada Sub-Materi Perkecambahan Biji untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Bioedu, 10(3), 541-553.
Puspo, R. dkk. 2012. Penggunaan Concept Cartoons dengan Model 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika tanggal 2 Oktober 2012 di FMIPA Unnes.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rosa, W. & Susantini, E. 2020. Validitas Pengembangan LKS Berbasis CTL Pada Materi Ekosistem Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA. Jurnal BioEdu, 9(3), 397-405.
Siswanto. & Amanah, N. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Indonesian Journal of Education and Learning, 5(2), 72-80.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Supriyatin, & Ichsan, I.Z. 2018. Pengayaan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Melalui Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Biotek, 6(2), 13-24.
Susanti, K. D., Subiki, Yushardi. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Disertai Komik Fisika Pada Pembelajaran Pokok Bahasan Tekanan di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 197-204.
Susilawati, K., Adnyana, P. B., dan Swasta, I. B. J. 2014. Pengaruh Model Siklus Belajar 7E Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Sikap Ilmiah Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 985-995.
Yanti, D. A. A., Kertayasa, I. K., dan Hariani, N. M. M. 2022. Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Mata Pelajaran Matematika Berbasis Metode Penemuan Terbimbing di SD Kelas V. Jurnal Widya Genitri, 13(3), 185-196.

