Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Discovery Materi Transpor Membran untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p506-515Abstract
Keterampilan proses sains berkaitan erat dengan kegiatan penelitian. Pengembangan keterampilan proses sains penting bagi peserta didik agar dapat memahami serta mengembangkan ide dan konsep yang belum diketahui serta memungkinkan untuk menemukan konsep secara mandiri. Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis guided discovery berisi kegiatan percobaan transpor membran yang berhubungan dengan pengalaman sehari-hari untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan validitas lembar kegiatan peserta didik berbasis guided discovery pada materi transpor membran sehingga dapat melatihkan keterampilan proses sains kelas XI SMA. Penelitian ini dilakukan menggunakan model penelitian pengembangan 4D (four-D models) dengan tahapan define, design, develop tanpa disseminate. Validitas LKPD diukur berdasarkan kelayakan penyajian (teknis), kelayakan isi (didaktik), kelayakan kebahasaan (konstruksi), kesesuaian dengan komponen guded discovery, serta kesesuaian dengan pencapaian tujuan melatihkan keterampilan proses sains. Validitas LKPD ditentukan berdasarkan hasil validasi oleh dua dosen ahli dan satu guru biologi. Hasil validasi berdasarkan kelayakan penyajian memperoleh skor 3,9; kelayakan isi dengan skor 3,67; kelayakan bahasa dengan skor 4; keterkaitan dengan langkah pembelajaran guided discovery memperoleh skor 3,8; dan kesesuaian dengan indikator keterampilan proses sains memperoleh skor 3,53. Secara keseluruhan, hasil validasi LKPD memperoleh skor rata-rata 3,78 sehingga dikategorikan sangat valid. Dengan demikian, LKPD berbasis guided discovery yang dikembangkan telah memenuhi aspek-aspek penilaian LKPD dan dapat digunakan dalam pembelajaran yang melatihkan keterampilan proses sains.
Kata Kunci: LKPD, guided discovery, keterampilan proses sains, transpor membran.