Kelayakan Teoritis Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p243-251Abstract
Peserta didik perlu dilatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan harapan dapat menguasai keterampilan abad ke-21 supaya mampu mengimbangi perkembangan teknologi yang sangat pesat dan mampu bersaing dengan negara lain. Karena itu diperlukan bahan ajar untuk memfasilitasi peserta didik berlatih keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan bahan ajar LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi Sistem Peredaran Darah kelas XI SMA yang layak secara teoritis berdasarkan hasil validasi para ahli. Penelitian ini menggunakan model penelitian 4D (four-D) meliputi tahapan define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), tanpa tahap disseminate (penyebaran). Perangkat yang dikembangkan divalidasi oleh dosen biologi ahli materi, dosen biologi ahli pendidikan serta guru biologi SMA yang menggunakan lembar. LKPD berbasis Problem Based Learning diharapkan dapat melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD layak secara teoritis mencapai 93,00% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian LKPD yang dikembangkan layak untuk diuji coba.
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, LKPD, validitas