Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas X SMA

Authors

  • Firda Dwi Novitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Widowati Budijastuti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n1.p113-125

Abstract

Keterampilan proses adalah seperangkat keterampilan untuk mencari dan membentuk pengetahuan dalam kebenaran ilmiah. Dengan melakukan penyelidikan peserta didik dapat meningkatkan pola pikir, menemukan konsep, dan membangun konsep secara mandiri. Adanya Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing berisi kegiatan praktikum pada materi perubahan lingkungan yang berorientasi suatu masalah dalam kehidupan nyata dapat melatihkan keterampilan proses peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan validitas teoretis LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan proses. Model penelitian ini yakni pengembangan 4-D (Define, Design, Develop tanpa Disseminate). Parameter yang diukur dalam penelitian adalah validitas teoretis LKPD ditinjau berdasarkan perolehan skor hasil validasi oleh tiga validator. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi keseluruhan LKPD menunjukkan hasil sebesar 96,18% dengan kriteria sangat valid, dan berdasarkan masing-masing aspek kelayakan peyajian, bahasa, isi, karakteristik LKPD berbasis inkuiri terbimbing, dan karakteristik LKPD untuk melatihkan keterampilan proses memperoleh persentase validitas sebesar 92,8%; 95,8%; 94,5; 98,6%; 99,2% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD dinyatakan valid dan layak ditinjau dari aspek validitas.

Kata Kunci: LKPD, inkuiri terbimbing, keterampilan proses, perubahan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 401 , PDF Downloads: 8530

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>