Pengembangan LKPD Berbasis PBL Materi Sistem Pernapasan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n3.p594-605Keywords:
Validitas, Literasi digital, Website pembelajaran, Keanekaragaman hayati,, Potensi lokal GresikAbstract
Guru perlu mengembangkan strategi pembelajaran yang kreatif dan efektif, termasuk menggunakan lembar kerja peserta didik yang inovatif, untuk menfasililitasi peserta didik dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan di abad ke-21. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis problem based learning (PBL) pada materi sistem pernapasan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa yang valid, praktis serta efektif. Penelitian ini menerapkan model 4-D (Define, Design, Develop and Disseminate). Validitas LKPD dinilai berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media. Kelayakan LKPD akan dievaluasi dengan menggunakan angket responss siswa dan lembar observasi mengenai pelaksanaan LKPD. Sedangkan keefektifan dinilai dengan menggunakan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini diujikan secara eksklusif kepada 20 siswa kelas XI B-3 SMAN 1 Kedungpring. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata validitas LKPD adalah 3,79 (sangat valid). Kepraktisannya terbukti dari responss siswa sebesar 95% (sangat baik) dan persentase keterlaksanaan LKPD yang mencapai 100% (sangat baik). Keefektifan LKPD menunjukkan ketuntasan hasil belajar peserta didik dari 59,25% di pre-test menjadi 90% di post-test, dengan peningkatan indikator pencapaian kompetensi berpikir kritis yang signifikan dari 59,32% menjadi 89,99%. Analisis N-gain menunjukkan peningkatan dengan kategori tinggi. Secara keseluruhan, LKPD materi sistem pernapasan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang melatihkan keterampilan berpikir kritis.
Kata Kunci: LKPD, berpikir kritis, PBL, sistem pernapasan.
Downloads
References
Ahdar, Djamaluddin dan Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran: Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.
Ahgni. 2018. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2), 1.
Anderson dan Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing; A revision of Bloom's Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Longman Inc.
Andi, Prastowo. 2021. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Arief Sadiman et al. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers.
Arnyana. 2005. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Lombok Timur. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 12-16.
Barrows dan Tamblyn. 1980. Problem Based Learning An Approach to Medical Education. New York: Springer Publishing.
Benny. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi: Implementasi Model ADDEI. Jakarta: Kencana.
Cimer. 2012. What Makes Biology Learning Difficult and Effective: Students’ Views. Journal Educational Research and Reviews, 7(3), 10-13.
Costa. 1985. Developing Minds: A Resours Book for Teaching Thinking. Alexandria: ASDC.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Ennis. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois.
Facione. 2013. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons and The California Academic Press, Millbrae, CA.
Fatimah dan Ratna. 2018. Strategi Belajar dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Jurnal PBSI, 1(2), 3-4.
Gina. 2018. ‘Global Strategy For Asthma Management And Prevention 2018’, Global Strategy for Asthma Management and Prevention.
Giudice, Michelle Miraglia Del, et al, 2014. ‘Risk Factors for Asthma’, Italian. Journal of Pediatrics, 40(1), 77.
Global Initiative for Chronic Obstructive Lung Disease (GOLD). 2018. Global Strategy for The Diagnosis, Management, and Prevention of Chronic Obstructive Disease. 1-123.
Halim, D. 2000. Ilmu Penyakit Paru, Jakarta: Hipokrates.
Hamid et al. 2020. Media Pembelajaran. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Hardianti, R. 2019. Desain dan Uji Coba Modul Berbasis POE (Predict-observe-Explain) pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit .Skripsi. Pekan Baru, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Imamuddin et al. 2019. Hubungan Game Online dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Tadris Matematika, 2(1). 2-3.
Irdayanti, L. S. 2018. Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN 1 Kedungwaru Melalui Pemberian Soal Open-Ended Materi Teorema Pythagoras Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Tulungagung, Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung.
Kahfi, A. 2022. Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Karim dan Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-12.
Kosasih. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kuswanti. 2021. Development Of Assessment Instrument Based On Higher Order Thinking Skills Of Respiratory System Of Grade XI.
Lestari. 2016. Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Siswa Kelas VII SMP N 2 Sumber Cirebon. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Lilis Lismaya. 2019. Berpikir Kritis dan PBL. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.
Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Offset.
Maswan dan Khoirul Muslimin. 2017. Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhammad, dan Husaini. 2016. Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas V pada Materi Satuan Jarak dan Kecepatan melalui Pembelajaran Kontekstual SDN Jumus 2. Skripsi. Yogyakarta, PGSD Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Myanda dan Riezky. 2020. Development of Two-Tier MultipleChoice Test to Assess Students ’ Conceptual Understanding on Respiratory System Material of 11 th Grade of Senior. International Journal of Science and Applied Science, 4(1), 13-15.
Nana, Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nana, Sudjana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Netriwati dan Lena. 2017. Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung: Permata Net.
Ningtyas, Pravitasari Eka dan Dini Widyawati. 2015. Pengaruh Efektivitas Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 4(1), 10-11.
Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 3-5.
Nuryasana dan Desiningrum. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. 1(5), 3-5.
Pamungkas, dan Dewi. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(2), 9-10.
Panggabean N. H. dan Amir D. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Medan: Yayasan Kita Menulis.
PDPI. 2016. PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), Diagnosis dan Penatalaksanaan. Jakarta: PDPI.
Peate dan Nair, M. 2011. Fundamentals of Anatomy and Physiology For Student Nurses. UK: Blackwell Publishing Ltd.
Purmaningrum, dan R. M. Probosari. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4(3), 40-43.
Putranto. 2007. Pajanan Debu Kayu (PM10) dan Gejala Penyakit Saluran Pernafasan pada Pekerja Mebel Sektor Informal di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Thesis. PS-UI.
Rawung, W. H., et al. 2021. Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 11-14.
Riduwan dan Sunarto. 2013. Pengantar Statiska untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2016. Dasar-dasar statistik. Jakarta: Alvabeta.
Risa, Umamah. 2019. Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Thaharah. Jurnal Penelitian, 13(1), 4-8.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sadiman. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatan. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sanjaya dan Ratnasari. 2021. Profil Dan Kelayakan Teoretis LKPD “Sistem Pencernaan” Berbasis problem Based Learning Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Bioedu, 10(2), 6-9.
Sherwood, L. 2010. Human Physiology From Cells to Systems.7th Ed. Canada: Yolanda Cossio.
Siti, N. 2016. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Gaya Belajar Accomodator Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jambi, Universitas Jambi.
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9.
Sudarisman, S. 2015, Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florae, 2(1), 7-11.
Sugiyono. 2015. Pengembangan strategi pembelajaran inovatif pada perkuliahan geometri untuk membangun karakter mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(1), 8-9.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RdanD. Bandung: Alfabeta, CV.
Sukamto. 2009. Dasar-Dasar Pembuatan LKS Yang Baik Dan Benar Sebagai Media Pembelajaran. Jakarta: PT Kencana.
Tortora, G. J. dan Derrickson, B. 2014. ‘Principles of Anatomy and Physiology’, in Principles of Anatomy and Physiology. 14th edn. United States of America: John Wiley dan Sons, 712–748.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelejaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wazzaitun, Widiana, dan Sari. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Boilogi Berbasis Problem Solving Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP. 2.
Widoyoko, S. E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Widjajanti, Rohaeti dan Padmaningrum. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia Untuk SMP. Inovasi Pendidikan, 10 (2), 7-10.
Wijaya et al. 2016. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Wulandari et al. 2023. Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 5(2), 5-8.
Wulandari, D. 2017. Efektivitas model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA SMA materi sistem respirasi. Tesis. FMIPA, Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta.
Yessy, R. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Matematika” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 3-9.
Yuliani dan Banjarnahor. 2021. Metode Penelitian Pengembangan (Rnd) Dalam Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 5(3), 11-12.
Yuliana, R., Karyanto, P, dan Marjono. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Concept Map dalam Model Konstruktivisme tipe Novick terhadap Miskonsepsi pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. Bio Pedagogi, 2(2). 5-7.
Yusuf, Hadi Miarso. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zoller, U. 1999. Student's Self-Assesment in Chemistry Examinations Requairing Higher and Lower-Order Cognitive Skills. Journal Chemical Educational, 76(112).
Zulfiati, Pawaestri H. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas I1 Di SD Muhammadiyah Danunegaran. Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 6(3), 4-10.

