Pengembangan Instrumen Soal Hots untuk Mengukur Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Sistem Gerak Manusia
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p127-137Abstract
Perkembangan zaman saat ini membuat tantangan kompetensi peserta didik semakin tinggi, sehingga dibutuhkan kemampuan untuk menghubungkan dan mengintegrasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kemampuan tersebut adalah berpikir tingkat tinggi dalam keterampilan pemecahan masalah. Pemecahan masalah adalah keterampilan untuk memahami masalah sehingga mampu memberikan solusi yang tepat sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas baik dari segi teoritis maupun empiris, reliabilitas butir soal, dan mengukur ketercapaian indikator pemecahan masalah serta respon peserta didik terkait instrumen soal HOTS pada materi sistem gerak manusia. Pemilihan materi sistem gerak manusia dikarenakan berhubungan langsung dengan peserta didik, sehingga mampu untuk mengembangkan pengetahuan konseptual dan prosedural. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, tanpa tahap disseminate. Validasi instrumen soal HOTS dilakukan secara teoritis dan empiris. Validasi teoritis menggunakan skala guttman, validasi empiris dengan uji coba terbatas menggunakan korelasi product-moment, reliabilitas dianalisis menggunakan cronbach alpha, dan ketercapaian indikator pemecahan masalah serta respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen soal HOTS berdasarkan validitas teoritis mendapatkan hasil sangat valid dengan nilai 93,78%, validitas empiris yang diperoleh mencapai 86,67% kategori valid. Instrumen soal HOTS memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,621 kategori reliabel, dan ketercapain indikator pemecahan masalah kategori cukup mencapai 53,33%, respon peserta didik sebesar 73,33% kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produk instrumen soal HOTS pada materi sistem gerak manusia valid, reliabel dan mampu mengukur keterampilan pemecahan masalah serta kategori soal baik berdasarkan respon peserta didik.