VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MELATIHKAN ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH KELAS X SMA
Abstract
LKS merupakan panduan ajar cetak yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugaspembelajaran yang harus dikerjakan. Pada penelitian ini LKS yang akan dikembangkan yaitu LKS berbasis PjBL
yang memfokuskan pada pengembangan produk atau unjuk kerja. Pada LKS berbasis PjBL materi yang dapat
digunakan salah satunya materi daur ulang limbah. Limbah yang akan didaur ulang yaitu limbah kertas. Proyek
daur ulang kertas yang dibuat nantinya akan dapat dijual dan dapat melatih jiwa kewirausahaan bagi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas LKS berbasis Project Based Learning untuk
melatihkan entrepreneurship materi daur ulang limbah secara teoritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan yang mengacu pada metode 4-D (tanpa tahap disseminate). Ujicoba terbatas dilakukan kepada 16
siswa kelas X IPA SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Pada penelitian ini met ode pengumpulan data
menggunakan metode validasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil telaah oleh ahli
menunjukkan LKS berbasis Project Based Learning untuk melatihkan entrepereneurship mendapatkan persentase
86,34%, berdasarkan hasil tersebut LKS dinyatakan sangat valid secara teoritis.
Kata Kunci: LKS, Project Based Learning (PjBL), entrepreneurship, daur ulang limbah.
Issue
Section
Articles
PDF Downloads: 273