ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMA MELALUI PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-POSTER BERBASIS WEBSITE PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

  • HINDUN DIANA ROSIDATUL HIKMAH UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Winarsih Winarsih UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Tingkat pemahaman siswa didefinisikan sebagai kemampuan yang diharapkan dapat memahami konsep atau makna, fakta dan situasi yang diketahui siswa dalam proses pembelajaran. Tingkat pemahaman siswa merupakan hal penting yang wajib diketahui oleh guru agar dapat menciptakan metode pembelajaran yang efektif. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa melalui pembuatan media pembelajaran e-poster berbasis website pada materi perubahan lingkungan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan instrumen tes dengan membandingkan hasil dari pretest dan posttest siswa serta instrumen angket respons siswa terhadap pembuatan media e-poster. Teknik analisis data menggunakan uji Gain Ternormalisasi (N-Gain) untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah mendapat perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa memperoleh hasil uji N-Gain pada kelas X Mipa 1 memperoleh data peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 42,81% dengan rata-rata nilai N-Gain 73,41% termasuk dalam kategori tinggi. Respons siswa pada kategori membuat media e-poster berbasis website didapatkan rata-rata skor sebesar 97% termasuk dalam kategori baik dan 3% termasuk kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembuatan media e-poster berbasis website oleh siswa dapat meningkatkan  pemahaman siswa kelas X MIPA 1 pada materi perubahan lingkungan.

Kata Kunci: tingkat pemahaman siswa, media pembelajaran berbasis website,  perubahan lingkungan

Published
2023-02-26
Section
Articles
Abstract Views: 391
PDF Downloads: 196