Pengembangan Booklet Mimi Mintuna sebagai Sumber Belajar pada Sub-Materi Pelestarian Sumber Daya Hayati Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p596-609Abstract
Submateri pelestarian sumber daya hayati materi keanekaragaman hayati merupakan materi biologi bercakupan luas dan erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Sumber belajar pada submateri tersebut mas ih minim dan sederhana, sehingga diperlukan media sumber belajar yang mendukung, seperti booklet. Booklet yang dikembangkan menampilkan contoh Mimi Mintuna yang merupakan salah satu sumber daya hayati lokal Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan booklet Mimi Mintuna sebagai sumber belajar yang layak secara teoritis dan empiris ditinjau dari vailiditas, uji keterbacaan, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode 4D (define, design, develop, disseminate) tanpa melakukan tahap disseminate. Kelayakan teoritis booklet ditinjau dari hasil validasi oleh dosen ahli materi dan dosen ahli pendidikan. Kelayakan empiris ditinjau dari hasil respon siswa. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian yaitu di Jurusan Biologi FMIPA UNESA dan uji coba secara terbatas di SMAN 2 Lamongan. Hasil penelitian berupa booklet Mimi Mintuna yang layak secara teoritis dan empiris. Kelayakan teoritis berdasarkan hasil validasi memperoleh rata-rata persentase 91,13% kategori sangat valid. Kelayakan empiris memperoleh hasil keterbacaan pada level 10 yang sesuai dengan tingkat kelas X SMA dan persentase hasil respon peserta didik sebesar 97,87% kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan, booklet Mimi Mintuna sebagai sumber belajar sub-materi pelestarian sumber daya hayati layak secara teoritis dan empiris.
Kata Kunci : Booklet Mimi Mintuna, Sumber belajar, Pelestarian Sumber Daya Hayati