Pengembangan Aplikasi Android Virtual Laboratory Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Sub Materi Hewan Invertebrata untuk Melatihkan Keterampilan Membuat Peta Konsep Siswa Kelas X
Abstract
Berdasarkan proses pembelajaran kurikulum 2013, peserta didik dituntut untuk memahami bagaimana suatu konsep diperoleh, menghubungkan konsep yang satu dengan konsep lainnya. Materi hewan invertebrata memiliki banyak konsep. Peserta didik belum dapat menemukan konsep-konsep sendiri karena kurangnya kegiatan praktikum sehingga perlu media pembelajaran yang dapat menunjang praktikum dengan model pembelajaran yang sesuai untuk menjabarkan konsep seperti model inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini menghasilkan media pembelajaran aplikasi android virtual laboratory berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan membuat peta konsep peserta didik pada materi hewan invertebrata yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan model 4D (define, design, development, dan disseminate). Data diperoleh dengan metode validasi, angket respon, dan penugasan. Kevalidan diukur dari hasil validasi oleh tiga validator, kepraktisan diukur dari hasil pengisian angket respon oleh peserta didik setelah pembelajaran, keefektifan diukur dari hasil penugasan berupa pembuatan peta konsep. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validitas virtual laboratory memperoleh skor 83% dengan kategori sangat valid. Uji lapangan dilaksanakan pada 33 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 2 Bojonegoro. Hasil angket respon peserta didik memperoleh skor kepraktisan sebesar 98,9% dengan kategori sangat praktis. Hasil penugasan peta konsep sebesar 66,4% dengan kualitas peta konsep yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil tersebut virtual laboratory yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran.