Pengembangan LKPD Keanekaragaman Hayati Berbantuan E-Flashcard Berbasis Learning Cycle 5E untuk Melatih Literasi Biologi
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p462-474Keywords:
literasi biologi, LKPD, E-Flashcard, keanekaragaman hayati, Learning Cycle 5EAbstract
Literasi biologi menjadi kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran abad ke-21 untuk mengenali isu biologis dan mengintegrasikan ide dalam pengambilan keputusan. Rendahnya kemampuan literasi peserta didik menjadi hal penting untuk melatihkan kemampuan literasi biologi melalui penggunaan LKPD berbantuan E-Flashcard sebagai media belajar. Materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan pemahaman persebaran flora di Indonesia, serta menumbuhkan sikap ilmiah terhadap pelestarian keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD keanekaragaman hayati berbantuan E-Flashcard berbasis Learning Cycle 5E untuk melatih kemampuan literasi biologi peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan meliputi validasi berupa penilaian validasi, observasi berupa lembar observasi, angket berupa angket respons, dan tes berupa tes literasi biologi. LKPD berbantuan E-Flashcard dikembangkan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Validitas berdasarkan penilaian ahli, kepraktisan berdasarkan observasi keterlaksanaan serta respons peserta didik, dan efektivitas berdasarkan ketercapaian literasi biologi. Subjek penelitian 20 peserta didik kelas X-C SMAS Kartika IV-3 Surabaya. Data dianalisis deskriptif kuantitatif dengan statistik sederhana berupa rata-rata dan persentase. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbantuan E-Flashcard yang memiliki fitur Think More, Explore More, Explain More, Follow More, dan Assesment More yang terhubung fase Learning Cycle 5E dan setiap level literasi biologi. Hasil validitas menunjukkan 3,96, penilaian observasi keterlaksanaan 96% dan respons peserta didik 97% Ketercapaian literasi biologi level nominal sebesar 100%, level fungsional 93%, level struktural 93,7%, dan level multidimensional 100%. Dapat disimpulkan LKPD keanekaragaman hayati berbantuan E-Flashcard berbasis Learning Cycle 5E dinyatakan layak diterapkan untuk melatih kemampuan literasi biologi peserta didik ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas.
Downloads
References
Arsyaf, F., Usman, H., Aunurrahim, M., & Yulianingsih, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard Berbasis Website untuk Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 349–357.
Ayudia, Suryanto, E., & Waluyo, B. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 4(1), 34–49.
Ayuningtyas, R. F., & Hayati, R. (2022). Tingkat Literasi Sains Remaja Mengenai Sampah dan Prinsip 4R (Reduce, Reuse Recycle, Replace) dalam Kegiatan Sehari-Hari. Edu Geography, 10(2), 35–44.
Azaly, Q. R., & Fitrihidajati, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Sway pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 218–227.
Bahri, A., Arifin, A. N., & Abrar, A. (2021). Pengembangan E-Modul Biologi untuk Siswa SMA Kelas XII. Seminar Nasional Hasil Penelitian “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19,” 1276–1293.
Bybee, R. W., Taylor, J. a, Gardner, A., Scotter, P. V, Powell, J. C., Westbrook, A., & Landes, N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness, and Applications. Colorado Springs: Biological Science Curriculum Study.
Dewi, A. M., Widyanto, A., & Ahadi, R. (2022). Respon Siswa terhadap Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik pada Materi Sistem Pernapasan di SMA 7 Banda Aceh. Jurnal Ar-Raniry, 10(2), 89–95.
Diani, I., Meli Afrodita, M., & Lazfihma, L. (2022). Peran Pemahaman Teori Ambiguitas dalam Menyelesaikan Kesalahpahaman dalam Berkomunikasi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(2), 368–378.
Ekasari, A., & Zaini, S. M. (2020). Moral Norm and Theory of Planned Behavior: The Intention to Use Eco-Friendly Reusable Bag. Indonesian Journal of Sustainability Accounting and Management, 4(1), 56–62.
Faradayanti, K. A., Endryansyah, Joko, & Agung, A. I. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Menunjang E-Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 675–683.
Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMAN 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1(2005), 508–512.
Febriana, I., Winanti, F., Ginting, M. E., Saputra Tobing, R., Siregar, M., U.(2024). Peran Vital Kemampuan Bahasa Indonesia yang Tepat dalam Pembelajaran Himpunan Matematika bagi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika, 2(3), 153–159.
Hidayat, A. E., Wisanti, W., & Isnawati, I. (2024). Biological Literacy Skills of Senior High School Student Using Local Potential-Based Biodiversity Question Sets. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 10(3), 724–734.
Indriani, F. F., & Sakti, N. C. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(1), 65–77.
Isnaeni, L. A., Susanti, R., & Dewi, N. K. (2021). Pengaruh Literasi Sains terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Pertahanan Tubuh melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 251–259.
Jamaluddin, J., Muh. Judrah, Ardianti, Dina Islamiah, Ferawati, & Mytra, P. (2022). Evaluasi Proses Pembelajaran PAI melalui Model Cipp di UPT SMA Negeri 4 Sinjai. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 3(1), 62–74.
Jaya, I. K. G. P., & Indrayani, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 34–43.
Kusumawardhani, S., & Indana, S. (2021). Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(1), 12–19.
Margiathi, S. A., Lerian, O., Wulandari, R., Putri, N. D., & Musyadad, V. F. (2023). Dampak Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Primary Edu, 1(1), 61–68.
Mawarti, S., & Arsiwi, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Materi Pembelajaran Bola Basket Berorientasi High Order Thinking Skill di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 55–64.
McBride, B. B., Brewer, C. A., Berkowitz, A. R., & Borrie, W. T. (2013). Environmental literacy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here? Ecosphere, 4(5), 1–20.
Mista, W., Aima, Z., & Fitri, D. Y. (2024). Validitas E-LKPD Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) pada Materi Eksponen. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(3), 2373–2385.
Mitrayani, M., Hidayat, S., & Novitasari, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Mia di SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 14–26.
Naila, M. A., Azizah, S. N., & Lubis, F. (2024). Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar pada Proses Belajar Mengajar Kelas 11 IPA 5 SMAN 5 Medan. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 557–563.
Novita, L., & Tindangen, M. (2022). Identifikasi Kesiapan Belajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Pratikum. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(3), 127–132.
Nuraini, N., & Waluyo, E. (2021). Pengembangan Desain Instruksional Model Project Based Learning Terintegrasi Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 101–111.
Nurlina, Nurfadilah, & Bahri, A. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Makassar: LPP Unismuh Makassar.
OECD. (2018). Data Indicator Science Performance. (https://www.oecd.org/en/data/indicators/science-performance-pisa.html , diakses pada 15 Juli 2024)
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. (https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en.html , diakses pada 15 Juli 2024)
Oktaviana, D. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 179–194.
Putri, F. P., & Setiawan, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media E-Flashcard terhadap Pengetahuan Siswa Mengenai Pencegahan Covid-19 Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 2(1), 153–159.
Putri, R. N., Hariyadi, S., & Mudakir, I. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Stem pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bioshell, 12(2), 111–119.
Rafidah, H. N., & Rachmadiarti, F. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Collaborative Learning pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 418–433.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ristanto, R. H., Miarsyah, M., & Fitrianingtyas, S. A. (2023). Critical Thinking and Biological Literacy: Relationship With Conceptual Understanding of Plant Tissue. Edusains, 15(1), 99–111.
Rohmah, M., Priyono, S., & Septika Sari, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Miskonsepsi Peserta Didik SMA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(01), 39–47.
Rudianto, R., Ambarita, A., & Haenilah, E. Y. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Learning Cycle 5e pada Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku. Jurnal Elementaria Edukasia, 11(1), 1–12.
Said, F. F., Susanto, A., & Utami, N. P. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Canva yang Efektif. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 11(1), 85–98.
Salma, I. M., Hariani, S. A., & Pujiastuti. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) Berbasis STEM terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Riset Pedagogik, 6(2), 6–12.
Setiawan, A., & Basyari, I. W. (2017). Desain Bahan Ajar yang Berorientasi pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division untuk Capaian Pembelajaran pada Ranah Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 17–32.
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Subandowo, M., & Retnani Srinarwati, D. (2022). Flashcard-Based Augmented Reality To Increase Students’ Scientific Literacy. KnE Social Sciences, 2022(1), 192–201.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 217–225.
Vonny, V., Nihlah, K., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2021). Mempromosikan Literasi Biologi kepada Siswa Sekolah Menengah: Pengembangan Instrumen Tes untuk Kelas VII. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 251–265.
Wangi, I. D. A. N. P., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard pada Muatan Pelajaran IPA Kelas 5. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 150–159.
Ward, D. (2011). From the president. The American Biology Teacher, 73(2), 65–72.
Zamilah, Z., Djulia, E., & Lubis, K. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Interaktif Berbasis Literasi Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Fotosintesis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 294–304.
Zannah, H., & Mahardika, I. K. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Qr Code untuk Menambah Gairah Belajar Siswa SMAN Arjasa Jember. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(3), 185–189.

