Pengembangan E-LKPD Berbasis Learning Cycle 5E Materi Fungi untuk Melatihkan Ketrampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA

  • Sifa’ Daru Quthnie Nadaa Zakiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Lisa Lisdiana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan di masa depan untuk membentuk sistem konseptual peserta didik. Materi fungi/jamur memiliki potensi untuk mengajak peserta didik turut aktif pada proses belajar mengajar sehingga membutuhkan pendekatan konstruktivis berupa learning cycle 5E untuk membuat aktivitas pembelajaran yang lebih efektif serta lebih efisien guna melatihkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (e-LKPD) merupakan salah satu media pembelajaran alternatif bagi peserta didik yang dapat diakses melalui gawai untuk digunakan dalam keadaan pandemi yang mengharuskan pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan e-LKPD berbasis learning cycle 5E pada materi fungi untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang layak secara teoritis. Pengembangan dilakukan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) namun terbatas hingga tahapan Develop, tanpa melakukan tahap Disseminate. Secara teoritis, kelayakan e-LKPD diperoleh setelah proses validasi yang dilakukan oleh tiga validator yakni dosen ahli materi, dosen ahli media pembelajaran dan guru mata pelajaran Biologi SMA. Penilaian validasi ini memiliki beberapa aspek yang diamati yaitu aspek isi, aspek penyajian dan aspek bahasa. Berdasarkan data yang diperoleh didapatkan hasil bahwa e-LKPD layak dengan persentase validasi dengan sebesar 89,25% dan dikategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis learning cycle 5E pada materi fungi untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA yang telah dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk dijadikan penunjang dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata kunci: e-LKPD, learning cycle 5E, keterampilan berpikir kritis, fungi.

Published
2022-02-10
Section
Articles
Abstract Views: 337
PDF Downloads: 372