Pengembangan E-LKPD Materi Jamur Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X

  • Maydiana Vevi Ochadi Universitas Negeri Surabaya
  • Guntur Trimulyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berpikir kritis perlu dilatihkan dalam pembelajaran biologi di sekolah agar peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan di kehidupan sehari-hari dengan menganalisa data maupun informasi yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan E-LKPD materi jamur berbasis Contextual Teaching and Learning yang berfokus dalam melatih peserta didik kelas X agar memiliki pola pikir yang kritis. E-LKPD dikembangkan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate dengan dua topik yaitu jamur makroskopis dan jamur mikroskopis yang diuji tingkat validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Validitas E-LKPD diperoleh dari lembar validasi yang dinilai oleh validator, kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon dan lembar observasi keterlaksanaan peserta didik, dan keefektifan diperoleh dari hasil lembar tes evaluasi peserta didik. Uji validitas menunjukkan persentase rata-rata skor sebesar 97,41% (sangat valid). Uji kepraktisan menunjukkan persentase rata-rata skor berdasarkan hasil angket respon sebesar 95,93% (sangat praktis) dan hasil lembar observasi keterlaksanaan sebesar 93,99% (sangat praktis). Uji keefektifan menunjukkan rata-rata hasil nilai lembar tes evaluasi sebesar 88,15 dan persentase rata-rata ketercapaian indikator berpikir kritis sebesar 88% (sangat efektif). E-LKPD materi jamur layak digunakan dalam pembelajaran berlandaskan pada hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. E-LKPD juga dapat dimanfaatkan menjadi bahan ajar alternatif pada materi jamur di sekolah untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Kata Kunci: E-LKPD, jamur, pendekatan contextual teaching and learning, kemampuan berpikir kritis, penelitian pendidikan.       

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 24