Validitas LKPD Berbasis Problem Based Leraning (PBL) pada Materi Sistem Ekskresi untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p434-444Abstract
AbstrakĀ
Pendidikan Indonesia saat ini menerapkan kurikulum merdeka, sebagai bentuk evaluasi dari kurikulum sebelumnya. Terdapat tuntutan yang harus terpenuhi dalam kurikulum merdeka, salah satu diantaranya adalah tercapainya elemen bernalar kritis, dan pada penelitian ini keterampilan yang dilatihkan adalah keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dan butir soal pretest-posttest yang layak dan dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi, selain itu sebagai bahan ajar pendamping siswa dan salah satu langkah memenuhi tuntutan dalam kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4D dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan LKPD dan butir soal pretest-posttest yang dikembangkan sangat valid. Validitas LKPD secara keseluruhan mencapai 91%, aspek kelayakan isi mencapai 85%, aspek kelayakan bahasa mencapai 91%, aspek kesesuaian dengan Problem based Learning mencapai 93%, dan aspek kesesuaian dengan keterampilan berpikir kritis mencapai 93%. Validitas butir soal pretest secara keseluruhan mencapai 91%, pada aspek materi mencapai 91%, pada aspek konstruksi mencapai 91%, dan pada aspek bahasa mencapai 93%. Validitas keseluruhan butir soal posttest mencapai 92,31%, pada aspek materi mencapai 92,5%, pada aspek konstruksi mencapai 91,1 %, dan pada aspek bahasa mencapai 93,3%. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan bahan ajar, terutama untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Diharapkan LKPD ini dapat membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran dengan efektif untuk memenuhi tuntutan kurikulum merdeka yaitu keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Validitas, LKPD, Problem Based Learning, Sistem Ekskresi, Keterampilan Berpikir Kritis.
Abstract
Current Indonesian education implements the Independent Curriculum as a form of evaluation of the previous curriculum. There are demands that must be met within the Independent Curriculum, one of which is achieving critical thinking elements. This study focuses on developing students' critical thinking skills. The aim of this developmental research is to produce Student Worksheets (LKPD) based on Problem-Based Learning (PBL) and valid pretest-posttest items that can train students' critical thinking skills in the topic of the excretory system. Additionally, the worksheets serve as supplementary teaching materials for students and a step towards meeting the demands of the Independent Curriculum. The research method used in this study follows the 4D model, which includes Define, Design, Develop, and Disseminate stages. The results of the research indicate that the developed LKPD and pretest-posttest items are highly valid. The overall validity of the LKPD reached 91%, with content feasibility at 85%, language feasibility at 91%, alignment with Problem-Based Learning at 93%, and alignment with critical thinking skills at 93%. The overall validity of the pretest items reached 91%, with the material aspect at 91%, construction aspect at 91%, and language aspect at 93%. The overall validity of the posttest items reached 92.31%, with the material aspect at 92.5%, construction aspect at 91.1%, and language aspect at 93.3%. This study contributes to the development of teaching materials, particularly in training students' critical thinking skills in the topic of the excretory system. It is hoped that these LKPDs can assist teachers in delivering effective learning materials to meet the demands of the Independent Curriculum, specifically in fostering students' critical thinking skills.
Keywords: Validity, LKPD, Problem-Based Learning, Excretory System, Critical Thinking Skills