EFEKTIFITAS HYPNOTHERAPY TEKNIK DIRECT SUGGESTION UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN MAHASISWA TERHADAP SKRIPSI

Authors

  • WISMA WIJI SANTOSO

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v3i2.10981

Abstract

Abstrak

Mahasiswa merupakan peserta didik yang belajar di perguruan tinggi yang merupakan calon tenaga ahli yang

dipersiapkan oleh perguruan tinggi. Salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana adalah mahasiswa diwajibkan

membuat sebuah karya tulis yang sesuai dengan kaidah-kaidah tertentu atau biasa disebut skripsi. Proses penyusunan

skripsi berlangsung secara individual, sehingga tuntutan belajar mandiri sangat besar. Proses penyusunan skripsi dapat

menjadi faktor kecemasan dikalangan mahasiswa. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menurunkan

kecemasan adalah hypnotherapy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas hypnotherapy teknik

direct suggestion untuk menurunkan kecemasan mahasiswa terhadap skripsi. Penelitian ini menggunakan metode

penelitian kuantitatif eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental dengan menggunakan

non-equivalent control goup design. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang pada kelompok eksperimen dan 15 orang

pada kelompok kontrol. Subjek yang digunakan adalah mahasiswa psikologi angkatan 2010. Instrumen penelitian yang

digunakan ialah skala kecemasan yang disusun menggunakan skala likert. Metode analisis data menggunakan uji

perangkat bertanda wilcoxon dengan taraf kesalahan 5%. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi

sebesar 0,017 (z=0,017) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil tersebut membuktikan bahwa hypnotherapy teknik direct

suggestion efektif untuk menurunkan kecemasan mahasiswa terhadap skripsi.

Kata Kunci: Hypnotherapy, Direct Suggestion, Kecemasan, Mahasiswa

Abstract

Students are learners who study at universities and are prepared to become experts. To obtain a bachelor degree students

must write a paper according to certain rules or called thesis. The process of preparation of the thesis takes place on an

individual basis, so that the demands of very large independent study. The process of working thesis can be anxious.

One of the methods that can be used to reduce anxiety is hypnotherapy. The purpose of this research was to determine

the effectiveness of direct suggestion hypnotherapy techniques to reduce student anxiety toward thesis. This research

uses quantitative experimental research method. Experimental design used was quasi-experimental with use of a nonequivalent

control goup design. Subject of this research were 15 people in the experimental group and 15 in the control

group. The subjects used were student class of 2010 psychology research instrument used is the anxiety scale were

prepared using a Likert scale. analysis Methods using Wilcoxon test device is marked with an error level of 5%. The

results of data analysis showed correlation coefficient of 0.017 (z = 0.017) with a significance level of 0.05. These

results prove that the direct suggestion hypnotherapy effective to reduce student anxiety toward thesis.

Key word: Hypnotherapy, Direct Suggestion, Anxiety, College

Abstrak

Mahasiswa merupakan peserta didik yang belajar di perguruan tinggi yang merupakan calon tenaga ahli yang

dipersiapkan oleh perguruan tinggi. Salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana adalah mahasiswa diwajibkan

membuat sebuah karya tulis yang sesuai dengan kaidah-kaidah tertentu atau biasa disebut skripsi. Proses penyusunan

skripsi berlangsung secara individual, sehingga tuntutan belajar mandiri sangat besar. Proses penyusunan skripsi dapat

menjadi faktor kecemasan dikalangan mahasiswa. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menurunkan

kecemasan adalah hypnotherapy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas hypnotherapy teknik

direct suggestion untuk menurunkan kecemasan mahasiswa terhadap skripsi. Penelitian ini menggunakan metode

penelitian kuantitatif eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental dengan menggunakan

non-equivalent control goup design. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang pada kelompok eksperimen dan 15 orang

pada kelompok kontrol. Subjek yang digunakan adalah mahasiswa psikologi angkatan 2010. Instrumen penelitian yang

digunakan ialah skala kecemasan yang disusun menggunakan skala likert. Metode analisis data menggunakan uji

perangkat bertanda wilcoxon dengan taraf kesalahan 5%. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi

sebesar 0,017 (z=0,017) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil tersebut membuktikan bahwa hypnotherapy teknik direct

suggestion efektif untuk menurunkan kecemasan mahasiswa terhadap skripsi.

Kata Kunci: Hypnotherapy, Direct Suggestion, Kecemasan, Mahasiswa

Abstract

Students are learners who study at universities and are prepared to become experts. To obtain a bachelor degree students

must write a paper according to certain rules or called thesis. The process of preparation of the thesis takes place on an

individual basis, so that the demands of very large independent study. The process of working thesis can be anxious.

One of the methods that can be used to reduce anxiety is hypnotherapy. The purpose of this research was to determine

the effectiveness of direct suggestion hypnotherapy techniques to reduce student anxiety toward thesis. This research

uses quantitative experimental research method. Experimental design used was quasi-experimental with use of a nonequivalent

control goup design. Subject of this research were 15 people in the experimental group and 15 in the control

group. The subjects used were student class of 2010 psychology research instrument used is the anxiety scale were

prepared using a Likert scale. analysis Methods using Wilcoxon test device is marked with an error level of 5%. The

results of data analysis showed correlation coefficient of 0.017 (z = 0.017) with a significance level of 0.05. These

results prove that the direct suggestion hypnotherapy effective to reduce student anxiety toward thesis.

Key word: Hypnotherapy, Direct Suggestion, Anxiety, College

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-02-05

How to Cite

WIJI SANTOSO, W. (2015). EFEKTIFITAS HYPNOTHERAPY TEKNIK DIRECT SUGGESTION UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN MAHASISWA TERHADAP SKRIPSI. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 3(2). https://doi.org/10.26740/cjpp.v3i2.10981
Abstract views: 69 , PDF Downloads: 433