HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DENGAN PERILAKU INOVATIF PADA KARYAWAN DI PT X

  • Linda Setyawati Universitas Negeri Surabaya
  • . Satiningsih Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini  adalah  untuk  mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsi dukungan organisasi dengan perilaku inovatif pada karyawan di  PT X. Jumlah responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 66 karyawan. Kuesioner pada penelitian ini menggunakan skala persepsi dukungan organisasi yang di adaptasi dan disusun berdasarkan teori dari Eisenberger, Huntington, Hutchison dan Sowa (1986), serta skala perilaku inovatif yang diadaptasi dan disusun berdasarkan teori dari Jong dan Hartog (2008). Teknik analisa data mengggunakan uji korelasi product moment, dari hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.596 (r=0.596) dengan taraf signifikansi sebesar 0.000 (p<0.05). Berdasarkan hasil analisis data tersebut bermakna bahwa terdapat hubungan antara persepsi dukungan organisasi dengan perilaku inovatif pada karyawan di PT X, hubungan kedua variabel terbukti searah, artinya semakin tinggi persepsi dukungan organisasi maka semakin tinggi pula perilaku inovatifnya. Begitupun sebaliknya, semakin rendah persepsi dukungan organisasi maka semakin rendah pula perilaku inovatifnya. Kontribusi yang diberikan oleh variabel persepsi dukungan organisasi terhadap variabel perilaku inovatif yaitu sebesar 35.5 %, sedangkan sisanya yaitu sebesar 64.5 % merupakan kontribusi yang diberikan oleh faktor-faktor lain.

Kata Kunci: Perilaku Inovatif,  Persepsi Dukungan Organisasi,Karyawan.

 

Abstract

 

The purpose of this study was to investigate the relationship between perceived organizational support and innovative behavior in employees at PT X. The number of respondents who participated in this study were 66 employees. The questionnaire inthis study used a scale of perceived organizational support that was adapted and compiled based on theories from Eisenberger, Huntington, Hutchison and Sowa (1986), as well as innovative behavior scales that were adapted and arranged based on theories from Jong and Hartog (2008). The data analysis technique used the product moment correlation test, the results of the data analysis showed that the correlation coefficient was 0.596 (r = 0.596) with a significance level of 0.000 (p <0.05). Based on the results of the data analysis, it means that there is a relationship between perceived organizational support and innovative behavior among employees at PT X, the relationship between the two variables is shown to be unidirectional, which means that the higher the perceived organizational support, the higher the innovative behavior. Likewise, the lower the perceived organizational support, the lower the innovative behavior. The contribution given by the variable of perceived organizational support to the variable of innovative behavior was 35.5%, while the remaining 64.5% was the contribution given by other factors.

Keywords: Innovative Behavior, Perceived  Organizational Support, Employees.

 

Published
2020-08-10
How to Cite
Setyawati, L., & Satiningsih, . (2020). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DENGAN PERILAKU INOVATIF PADA KARYAWAN DI PT X. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 7(03), 185-195. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/36335
Abstract Views: 401
PDF Downloads: 822