HUBUNGAN PERSEPSI LAYANAN INFORMASI KARIR DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS YAYASAN LPIM WALISONGO GEMPOL

  • LYA EKA NIA WANDARI

Abstract

 

 Abstrak 

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara persepsi layanan informasi karir sebagai variabel bebas dengan kematangan karir sebagai variabel terikat. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 191 siswa kelas XII Sekolah Menengah Tingkat Atas di Yayasan LPIM Walisongo Gempol. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan dua jenis angket untuk mengukur persepsi layanan informasi karir dan kematangan karir siswa. Penganalisisan data hasil penelitian menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi dilakukan untuk melihat apakah data terdistribusi normal atau tidak. Uji asumsi menggunakan uji normalitas data Kolmogorov-Smirnov, dan uji linieritas. Nilai signifikansi pada uji normalitas data masing-masing .670 untuk variabel persepsi layanan informasi karir dan .632 untuk variabel kematangan karir. Nilai signifikansi uji linieritas pada dua varibel menunjukkan variabel linier atau searah. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi product moment didapatkan nilai korelasi sebesar .491 dan nilai signifikansi .000 (sig < .005). Hasil tersebut membuktikan hipotesis (H1) diterima, karena terdapat korelasi diantara variabel X dan variabel Y, dan korelasi anatar kedua variabel menunjukkan korelasi yang positif. Maka, apabila semakin tinggi persepsi layanan informasi karir siswa maka semakin tinggi kematangan karir siswa. 

Kata Kunci : Layanan Informasi Karir, Kematangan Karir 

Abstract 

The purpose of this study was to determine the relationship between perception of career information services as independent variables to career maturity as the dependent variable. The subjects used in this study were 191 high school students of class XII at Foundation Level Up LPIM Walisongo Gempol. This research is a quantitative approach. The method to collect data using by two types of questionnaires to measure the perceptions of career information services and career maturity of students . Analyzing research data using assumptions test and hypothesis test. Test assumptions made to see whether the data are normally distributed or not. Assumption test using Normality data test Kolmogorov - Smirnov , and the linearity test. Significant value in the test data normality .670 for each variable perception and .632 career information services to career maturity variables. Significant value in linierity test on the two variables show a linear variable showed linear or unidirectional. The results of hypothesis testing using product moment correlation technique obtained correlation value of .491 and a significance value of .000 ( sig < .005 ). These results prove the hypothesis (H1) is accepted , because there is a correlation between variables X and Y , and the advance of the correlation between the two variables show a positive correlation. The higher the students ' perceptions of career information services , the higher the students' career maturity. 

Keywords : Perception, Career Information Services, Career Maturity 

Published
2014-02-05
How to Cite
EKA NIA WANDARI, L. (2014).   HUBUNGAN PERSEPSI LAYANAN INFORMASI KARIR DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS YAYASAN LPIM WALISONGO GEMPOL. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/7122
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 47