Perancangan Identitas Visual Pada Brand Kaos Anakost di Indonesia

Penulis

  • Yeny Farida Universitas Negeri Surabaya
  • Nova Kristiana Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Identitas Visual, Logo, GSM (Graphic Standard Manual), Sablon, Kaos

Abstrak

Dalam kehidupan masyarakat gaya fashion merupakan suatu hal yang penting, bisnis fashion yang banyak berkembang di Indonesia adalah UMKM yang bergerak di bidang Kaos. Terdapat beberapa brand kaos yang beredar di pasaran Indonesia, diantaranya Dagadu, Djokdja, CakCuk dan Joger Jelek. Salah satu brand kaos yang menargetkan anak perantauan adalah brand Anakost. Nama Anakost diambil dari gabungan Anak dan Kost yang memiliki arti anak yang tidak tinggal di rumah, mengekos atau sedang merantau. Tahapan perancangan pada brand Anakost antara lain mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data kemudian di analisis menggunakan metode 5W 1H untuk dilanjutkan ke tahap visualisasi desain yaitu Thumbnail, Tight tissue, final. Hasil dari perancangan ini adalah identitas visual berupa logo yang diaplikasikan pada GSM (Graphic Standard Manual), serta beberapa media pendukung di antaranya paper bag, plastic ziplock, polymailer bag, paper sleeve, kartu nama, nota pembelian, katalog produk, price tag, sign board, x- banner, tote bag, stiker, topi dan gantungan kunci. Perancangan identitas visual pada brand Anakost diharapkan dapat mengenalkan dan meningkatkan penjualan pada produk sehingga dapat bersaing dengan para kompotitor lainnya, serta dapat menampilkan citra baik pada brand tersebut agar diingat oleh khalayak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Farida, Y., & Kristiana, N. (2024). Perancangan Identitas Visual Pada Brand Kaos Anakost di Indonesia. Desgrafia, 2(2), 233–245. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/desgrafia/article/view/62793

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0