Analisis Disparitas Pendapatan Dan Pengujian Hipotesis Kuznet Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2011-2019

  • A Risko Olivino Rendy Ananda Universitas Negeri Surabaya
  • Prayudi Setiawan Prabowo Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Disparitas Pendapatan, Hipotesis Kuznet, Jawa Timur

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disparitas pendapatan dan menguji berlakunya hipotesis Kuznet di Provinsi Jawa Timur selama tahun 2011-2019 dengan menggunakan dua alat analisis yaitu indeks Williamson, dan korelasi pearson. Hasil yang di dapat menunjukan bahwa disparitas pendapatan yang terjadi menunjukan angka yang sangat tinggi yaitu berada di atas 0,9, dengan trend kenaikan setiap tahun. Sementara pada korelasi pearson menunjukan bahwa pertumbuhan ekonomi dan disparitas pendapatan memiliki hubungan kuat negatif dengan nilai -0,672, namun pada hipotesis Kuznet yang menggambarkan hubungan antar variabel tidak berlaku pada penelitian ini karena kurva tidak membentuk huruf U terbalik.

 

Kata kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Disparitas Pendapatan, Hipotesis Kuznet, Jawa Timur

 

 

Abstract

This research aims to analyze income disparity and test the validity of the Kuznet hypothesis in East Java Province during 2011-2019 using two analytical tools, that are Williamson index, and pearson correlation. The results show that the income disparity that occurs also shows a high number above 0.9, with an increasing trend every years. While the pearson correlation that shows economic growth and income disparity have a strong negative relationship with a value of -0.672,but the Kuznet hypothesis that describes the relationship between variables does not apply in this research, because the curve does not form an inverted U.

 

Keywords: Economic Growth, Income Disparity, Kuznet Hypothesis, East Java

Published
2021-08-30
How to Cite
Ananda, A. R. O., & Prabowo, P. (2021). Analisis Disparitas Pendapatan Dan Pengujian Hipotesis Kuznet Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2011-2019. Independent: Journal of Economics, 1(2), 196-205. https://doi.org/10.26740/independent.v1n2.p196-205
Section
Article
Abstract Views: 373
PDF Downloads: 363