Analisis Identifikasi Pariwisata Andalan, Pengembangan dan Potensial Dengan Metode SWOT

Penulis

  • natalia artha malau universitas negeri manado
  • teguh pamuji tri nur H Universitas Sultan Fatah

DOI:

https://doi.org/10.26740/independent.v2i1.46081

Kata Kunci:

Mainstay Tourism, Development Tourism, Potential Tourism., SWOT

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengembangan pariwisata di Kabupaten Demak-Jawa Tengah dengan menggunakan metode pariwisata yang menjadi Andalan, Pengembangan dan Potensial. Dimana metode tersebut dengan cara memberikan nilai/skor pada variabel kondisi eksisting masing-masing obyek wisata yang telah ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Kriteria tersebut berupa daya tarik wisata, Fasilitas Pendukung, Lokasi dan Aksesbilitas, Pasar dan Pemasaran, Pengelolaan dan Dampak terhadap kawasan sekitar, Daya Saing Obyek Wisata. Dari hasil perhitungan diperoleh dari 22 obyek wisata di Kabupaten Demak, yang termasuk kategori unggulan (andalan) sejumlah 3 lokasi adalah Masjid Agung Demak, Museum Masjid Agung Demak, dan Makam Sunan Kalijaga (Kadilangu).

 

Kata Kunci : Pariwisata Andalan, Pariwisata Pengembangan, Pariwisata Potensial., SWOT

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

natalia artha malau, universitas negeri manado

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengembangan pariwisata di Kabupaten Demak-Jawa Tengah dengan menggunakan metode pariwisata yang menjadi Andalan, Pengembangan dan Potensial. Dimana metode tersebut dengan cara memberikan nilai/skor pada variabel kondisi eksisting masing-masing obyek wisata yang telah ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Kriteria tersebut berupa daya tarik wisata, Fasilitas Pendukung, Lokasi dan Aksesbilitas, Pasar dan Pemasaran, Pengelolaan dan Dampak terhadap kawasan sekitar, Daya Saing Obyek Wisata. Dari hasil perhitungan diperoleh dari 22 obyek wisata di Kabupaten Demak, yang termasuk kategori unggulan (andalan) sejumlah 3 lokasi adalah Masjid Agung Demak, Museum Masjid Agung Demak, dan Makam Sunan Kalijaga (Kadilangu).

Referensi

Freddy Rangkuti. (2002). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus

Bisnis:Menghadapi abad 21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jhingan, ML. (2000)s. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. PT.

Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Kusdiana, D, & Gunadi, A (2014) Pengembangan Produk Unggulan UMKM

Kabupaten Sukabumi, Trikonomika Vol.13 No 2, Hal 153-171

Peraturan Menteri Dalam Negeri No 9 Tahun 2014 Tentang Pedoman

Pengembangan Produk Unggulan Daerah

Sjafrizal. (2008). Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi. Padang: Baduose Media,

Cetakan Pertama, Padang

Sukesti, Fatmawati dan Setia Iriyanto. (2011). Pengembangan UMKM

Meningkatkan Komoditas Unggulan Ekspor UKM Dalam Rangka Pengembangan

Ekonomi Daerah (Studi Pada UKM Jateng), Seminar Nasional Ilmu Ekonomi

Terapan Fakultas Ekonomi UNIMUS, 2011

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

malau, natalia artha, & tri nur H, teguh pamuji. (2022). Analisis Identifikasi Pariwisata Andalan, Pengembangan dan Potensial Dengan Metode SWOT. Jurnal Ekonomika : INDEPENDEN, 2(1), 133–147. https://doi.org/10.26740/independent.v2i1.46081

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 115