Analisis Identifikasi Pariwisata Andalan, Pengembangan dan Potensial Dengan Metode SWOT
DOI:
https://doi.org/10.26740/independent.v2i1.46081Kata Kunci:
Mainstay Tourism, Development Tourism, Potential Tourism., SWOTAbstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengembangan pariwisata di Kabupaten Demak-Jawa Tengah dengan menggunakan metode pariwisata yang menjadi Andalan, Pengembangan dan Potensial. Dimana metode tersebut dengan cara memberikan nilai/skor pada variabel kondisi eksisting masing-masing obyek wisata yang telah ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Kriteria tersebut berupa daya tarik wisata, Fasilitas Pendukung, Lokasi dan Aksesbilitas, Pasar dan Pemasaran, Pengelolaan dan Dampak terhadap kawasan sekitar, Daya Saing Obyek Wisata. Dari hasil perhitungan diperoleh dari 22 obyek wisata di Kabupaten Demak, yang termasuk kategori unggulan (andalan) sejumlah 3 lokasi adalah Masjid Agung Demak, Museum Masjid Agung Demak, dan Makam Sunan Kalijaga (Kadilangu).
Kata Kunci : Pariwisata Andalan, Pariwisata Pengembangan, Pariwisata Potensial., SWOT
Unduhan
Referensi
Freddy Rangkuti. (2002). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus
Bisnis:Menghadapi abad 21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Jhingan, ML. (2000)s. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. PT.
Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Kusdiana, D, & Gunadi, A (2014) Pengembangan Produk Unggulan UMKM
Kabupaten Sukabumi, Trikonomika Vol.13 No 2, Hal 153-171
Peraturan Menteri Dalam Negeri No 9 Tahun 2014 Tentang Pedoman
Pengembangan Produk Unggulan Daerah
Sjafrizal. (2008). Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi. Padang: Baduose Media,
Cetakan Pertama, Padang
Sukesti, Fatmawati dan Setia Iriyanto. (2011). Pengembangan UMKM
Meningkatkan Komoditas Unggulan Ekspor UKM Dalam Rangka Pengembangan
Ekonomi Daerah (Studi Pada UKM Jateng), Seminar Nasional Ilmu Ekonomi
Terapan Fakultas Ekonomi UNIMUS, 2011
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

