Pengaruh Perilaku Konsumen Masyarakat Kabupaten Gresik Terhadap Penggunaan E-Money

Penulis

  • Ahmad Faizal Fanani Universitas Negeri Surabaya
  • Tony Seno Aji Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/independent.v3n1.p150-166

Kata Kunci:

Perilaku Konsumen, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi, Keputusan Penggunaan e-money

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi terhadap keputusan penggunaan e-money di Kabupaten Gresik. E-money dapat didefinisikan sebagai "produk prabayar atau nilai dari dana yang dibayar disimpan dalam perangkat elektronik milik nasabah. Sementara itu perilaku konsumen adalah tindakan individu berdasarkan preferensi pribadi untuk mendapatkan keuntungan dari penggunaan barang atau jasa. Setiap individu memiliki perilaku konsumsi yang unik,dipengaruhi oleh faktor-faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui kuesioner dengan skala likert. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan model Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, dan psikologi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan penggunaan e-money di Kabupaten Gresik. Namun, faktor pribadi  tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan e-money.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Cara Mengutip

Fanani, A. F., & Aji, T. S. (2023). Pengaruh Perilaku Konsumen Masyarakat Kabupaten Gresik Terhadap Penggunaan E-Money. Jurnal Ekonomika : INDEPENDEN, 3(1), 150–166. https://doi.org/10.26740/independent.v3n1.p150-166

Terbitan

Bagian

Article
Abstract views: 66 , PDF Downloads: 70