Pengaruh Perilaku Konsumen Masyarakat Kabupaten Gresik Terhadap Penggunaan E-Money
DOI:
https://doi.org/10.26740/independent.v3n1.p150-166Kata Kunci:
Perilaku Konsumen, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi, Keputusan Penggunaan e-moneyAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi terhadap keputusan penggunaan e-money di Kabupaten Gresik. E-money dapat didefinisikan sebagai "produk prabayar atau nilai dari dana yang dibayar disimpan dalam perangkat elektronik milik nasabah. Sementara itu perilaku konsumen adalah tindakan individu berdasarkan preferensi pribadi untuk mendapatkan keuntungan dari penggunaan barang atau jasa. Setiap individu memiliki perilaku konsumsi yang unik,dipengaruhi oleh faktor-faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui kuesioner dengan skala likert. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan model Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, dan psikologi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan penggunaan e-money di Kabupaten Gresik. Namun, faktor pribadi tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan e-money.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

