ANALISIS UDARA SEBAGAI COOLING SYSTEM BATTERY PACK E-INOBUS DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC

Kata Kunci: battery pack, cooling system, computational fluid dynamic

  • Fryda Agustia Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Sucahyo

Abstract

E-Inobus merupakan bus listrik yang diproduksi oleh PT. INKA (Persero) dengan misi inovasi di bidang transportasi darat yang mengusung tema transportasi hijau moda transportasi ramah lingkungan. Jenis baterai yang digunakan pada battery module adalah baterai  IFR 26650 3.2V 3600mAh. Baterai  memiliki siklus penggunaan yang panjang, dapat diisi ulang dan BMS memiliki kapasitas total penyimpanan daya yang besar. Dengan menggunakan Baterai  sebagai sistem penyimpanan energi dalam pengembangan kendaraan listrik. Untuk menciptakan kendaraan listrik yang memiliki efisiensi tinggi, dibutuhkan baterai dengan spesific power density dan spesific energy density yang tinggi. Diantara banyak kelebihan yang dimiliki,  memiliki kekurangan yaitu sangat sensitif terhadap temperatur. Sehingga untuk menjaga keamanan dan performansi dari Baterai , dibutuhkan sistem manajemen termal. Metode yang digunakan ialah analisis numerik dengan simulasi CFD (Computational Fluid Dynamic) untuk mengetahui karakteristik fluida dinamik dan fenomena yang terjadi. Analisa terhadap manajemen termal pada sistem pendingin dilakukan untuk mengetahui performansi sistem pendingin baterai yang dipengaruhi oleh besarnya temperatur inlet dan kecepatan aliran udara inlet. Peningkatan kecepatan aliran udara merupakan metode efektif untuk menurunkan temperatur maksimum sel baterai . Temperatur maksimum sel baterai  dapat diperkecil dengan cara meningkatkan kecepatan aliran udara pada inlet. Peningkatan kecepatan aliran udara dari 2,5 m/s menjadi  10 m/s mampu menurunkan temperatur sel baterai yang awalnya  42,86 oC menjadi 38,28 oC.

Kata Kunci: battery pack, cooling system, computational fluid dynamic

 

Abstract

E-Inobus is an electric bus produced by PT. INKA (Persero) with a mission of innovation in the field of land transportation which carries the theme of green transportation, an environmentally friendly mode of transportation. The type of battery used onbattery module is an IFR 26650 3.2V 3600mAh battery. The battery has a long life cycle, is rechargeable and the BMS has a large total power storage capacity. By using the battery as an energy storage system in the development of electric vehicles. To create an electric vehicle that has high efficiency, a battery withspesific power density andspesific energy density tall one. Among the many advantages it has, it has the disadvantage that it is very sensitive to temperature. So to maintain the safety and performance of the battery, a thermal management system is needed. The method used is numerical analysis with CFD simulation (Computational Fluid Dynamic) to determine dynamic fluid characteristics and phenomena that occur. An analysis of the thermal management of the cooling system is carried out to determine the performance of the battery cooling system which is affected by the temperatureinlet and airflow velocityinlet. Increasing the airflow velocity is an effective method to reduce the maximum temperature of the battery cells. The maximum temperature of the battery cells can be reduced by increasing the airflow velocity at the inlet. Increasing the airflow velocity from 2,5 m/s to 10 m/s be able to lower the temperature of the battery cells which initially  42,86 oC to 38,28 o.

Keywords: battery pack, cooling system, computational fluid dynamic

Published
2023-07-22
Section
Fisika Instrumentasi
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 67