PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI KALOR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA

  • ORIEN RATNA WURI

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan di SMA N Karangpandan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan respon siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran fisika materi kalor. penelitian ini adalah  penelitian deskriptif kuantitatif pra-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest. Subyek penelitian ini adalah kelas X-5 dan X-2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan jumlah siswa masing-masing 33 siswa. Hasil pretest dan posttest dianalisis dengan analisis gain score <g>, kemudian hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan respon siswa dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian ini antara lain adalah : (1) Pembelajaran fisika dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi kalor di kelas eksperimen 1 maupun eksperimen 2 seluruhnya terlaksana. Adapun kualitas keterlaksanaan pembelajaran pada masing-masing kelas memiliki rata-rata 61,84% dan 65,79% dengan kategori baik. (2) Kualitas aktivitas siswa kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 memiliki rata-rata masing-masing 55,42% dan 58,75% dengan kategori cukup. (3) Keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 mengalami peningkatan dengan kriteria sedang. Besarnya n-gain score <g> untuk masing-masing kelas adalah 0,54 adalah 0,4. (4) respon siswa dalam pembelajaran adalah 79,73 % dan 79,80% masing-masing untuk kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 keduanya berkriteria baik. Dengan demikian maka, penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran fisika materi kalor dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa kelas X SMA.

 

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kalor, Berpikir Kritis.

 

 

The study that have been done in SMA N Karangpandan in the second semester of the school year 2013/2014 is aimed to describe the learning management, student's activities, students' critical thinking skills and student's responses by applying scientific approach in learning of physics heat. This study is descriptive quantitative research  with pre-experimental one group pretest-posttest design. The subjects of this study were class X-5 and X-2 as the experiment 1 and experiment 2 that the amount of students in each class is 33 students. The results of the pretest and posttest analyzed by n-gain scores  <g>, then the observations of  learning  management,  student's activities and student's responses analyzed by percentage. The results of this study are: (1) The quality of  learning management in experiment 1 and experiment 2 is, respectively 61.84% and 64.80%, consistently both have good criteria. (2) the quality of student's activities in experiment 1 and experiment 2, respectively 55.42% and 58.75%, consistently both have medium criteria. (3) students' critical thinking skills is increase both in experiment 1 and experiment 2.  The n-gain scores  <g> are  0.54 and 0.4, both have medium criteria. (4) the response of students in learning is 79.73% and 79.80% respectively for a class experiment 1 and experiment 2, both with verry good criteria. The conclusion is the implementation of scientific approach in learning of physics  heat can improve critical thinking skills of high school students of class X.

 

Keywords : Scientific Approach, Heat, Critical Thinking

Published
2015-02-19
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 109