Authors

  • RUDI KURNIAWAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana tingkat miskonsepsi siswa terhadap pokok bahasan Hukum Newton tentang gerak bagi siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode experimental dengan desain tes miskonsepsi, diterapkan pada siswa kelas X SMA di Kabupaten Nganjuk. Untuk mendapatkan data miskonsepsi peneliti menggunakan model Certainty of Response Index (CRI) yang menggambarkan keyakinan siswa (responden) terhadap kebenaran alternatif jawaban yang direspon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi. Hal ini dapat dilihat dari presentase miskonsepsi. Masing-masing Sekolah Menengah Atas memiliki presentase miskonsepsi yang berbeda, hal tersebut dikarenakan fasilitas dan penyampaian materi pembelajaran yang tidak sama. Pembelajaran yang masih bersifat ceramah masih banyak ditemui yang menjadikan siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi yang dialami siswa masih tinggi, dengan presentase rata-rata sebesar 45,7 %, banyak juga siswa yang tidak tahu konsep sama sekali.

 

Kata Kunci: Miskonsepsi, Hukum Newton

 

Abstract

This study aimed to describe the extent of student misconceptions on the subject of Newton's laws of motion for high school students in Nganjuk. This research uses experimental methods to design tests misconceptions, applied to the class X High School in Nganjuk. To get the data misconceptions researchers used a model Certainty of Response Index (CRI) which describe the beliefs of students (respondents) to the truth alternative answers that responded. The results showed that there are many students who have misconceptions. It can be seen from the percentage of misconceptions. Each high school has a different percentage of misconceptions, it is because the facility and delivery of learning materials that are not the same. Still learning lectures are still many who make less active students in the learning process. It can be concluded that misconceptions experienced by students is still high, with the precentage 45,7%, many students do not know the concept at all.

 

Keywords: Building Misconceptions, Newton's Law

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

05-07-2015

How to Cite

KURNIAWAN, R. (2015). IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/12289
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 95