PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KURIKULUM 2013 PADA POKOK BAHASAN HUKUM HOOKE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA

  • DIAN ANGGARA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan komponen kesesuaian materi, penyajian ilustrasi, kebahasaan, dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk SMA kelas X pada Hukum Hooke, mendeskripsikan respons siswa SMA kelas Xterhadap perangkat pembelajarankurikulum 2013 yang dikembangkan, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa terkait dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap setelah dilakukan proses pembelajaran Kurikulum 2013. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations.Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik yang digunakan pada proses pembelajaran. Proses pengembangan perangkat akan dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Analisis penelitian bersifat diskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 layak digunakan. Kelayakan hasil validasi meliputi RPP 83.3% dengan kategori layak, Handout 84% dengan kategori layak, LKS 87.5% dengan kategori layak, Kisi–kisi 86,6% dengan kategori layak. Kelayakan hasil pembelajaran meliputi kompetensi pengetahuan, keterampilan (proses dan psikomotor) dan sikap.Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (pengetahuan) digunakan uji N-Gain. Skor yang diperoleh memiliki rentang 0,14-0,60; dengan kategori rendah sampai sedang. Pada aspek keterampilan memiliki hasil yang baik. Hasil keterampilan memiliki rentang antara 2,8-3,8; dengan kategori antara B- sampai A-. Untuk sikap memiliki hasil yang baik. Skor yang didapat siswa memiliki rentang 3,29-3,64; dengan kategori B.

 

Kata kunci: pengembangan perangkat, kurikulum 2013 , pengetahuan, keterampilan, sikap,

                     Hukum Hooke

 

Abstract

The purpose of this study is to describe the validity of the learning device that was developed based on the suitability of the material components, presenting illustration, language, the Competence Standard and Basic Competence applicable to high school class X on the material Hooke's Law, describing the response of high school students of class X to the learning tools curriculum 2013 developed, and describe student learning outcomes related to knowledge, skills, and attitudes after learning process Curriculum 2013. This study refers to the ADDIE development model that is Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations. Curriculum 2013 using a scientific approach used in the learning process. The process of tools development will be limited trial to determine the feasibility. Analysis carried out by descriptive quantitative research. The results showed that tools learning-oriented curriculum 2013 worth used teaching physics in all aspects terms. Eligibility is based on the results include RPP 83.3%with decent category, Handout 84%with decent category, LKS 87.5%with decent category, Kisi - kisi 86.6%with decent category. Eligibility is based on learning outcomes competences include knowledge, skills (process and psychomotor) and attitudes. To determine the increase in learning outcomes (knowledge) test was used N-Gain. Scores obtained has a range of 0.14 to 0.60; with low to moderate category. In the aspect of skill have a good result. Results skill has a range of between 2.8 to 3.8; by category between B- to A-. To have the attitude of a good result. He scores the students have a range of 3.29 to 3.64; by category B.

 

Keywords: tools development, curriculum 2013, knowledge, skills, attitudes, Hooke's Law.

Published
2015-10-01
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 33