Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Metode GW-ACCESS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis Kelas X SMAN 1 Krembung Sidoarjo

  • SILVIA SOFYANITA TITAHSARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik dengan metode GW-ACCESS, hasil belajar siswa (kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan), respon siswa, aktivitas siswa, dan kendala yang dihadapi.  Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain “One Group Pre-test Post-test” dengan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi, yang masing-masing kelas berjumlah 33 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, pemberian soal pre-test sebelum dilakukan treatment dan pemberian soal post-test setelah dilakukan treatment, serta angket respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dengan metode GW-ACCESS dapat dilaksanakan dengan baik dan mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa. Sedangkan untuk data hasil belajar, pada kompetensi pengetahuan hasil pre-test dan post-test dianalisis uji n-gain untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa, n-gain score untuk kelas eksperimen sebesar 0,60, kelas replikasi I sebesar 0,56, dan kelas replikasi II sebesar 0,57 dengan kategori sedang. Kemudian dilakukan uji-t signifikasi untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan signifikan pada hasil pre-test dan post-test yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terjadi secara signifikan. Setelah itu dilakukan uji ANAVA, diketahui bahwa peningkatan hasil belajar pada ketiga kelas tersebut konsisten. Selanjutnya, untuk kompetensi sikap diperoleh nilai modus pada ketiga kelas sebesar 3,00 (Baik). Untuk kompetensi keterampilan, dicari terlebih dahulu nilai optimum untuk penilaian kinerja dan tertulis kemudian dirata-rata, sehingga diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 3,33, kelas replikasi I sebesar 3,28, dan kelas replikasi II sebesar 3,25. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa penerapan pembelajaran pendekatan saintifik dengan metode GW-ACCESS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fluida statis X SMAN 1 Krembung pada pokok bahasan fluida statis.

 

 

Kata Kunci : pendekatan saintifik, metode GW-ACCESS, hasil belajar siswa, fluida statis.

Abstract

   This research aims to describe the learning management of scientific approach with GW-ACCESS method, student’s learning outcome, student’s response, student’s activities, and obstacle during this research. Type of this research is a descriptive quantitative with one group pretest-posttest design. The subject of this research are 1 experiment class and 2 replication classes X SMAN 1 Krembung, with 33 students in each class. Data collected by observation, pre-test and post-test, response’s sheet of the student. The result show that scientific approach with GW-ACCESS method executed with good category and get very good response from students. Student’s learning outcome in knowledge competence, the result of pre-test and post-test analyzed by n-gain test to find out the increase of student’s learning outcome score, n-gain score for experiment class are 0,60, first replication class are 0,57, and second replication class are 0,57 with medium category in each class. And than the result of pre-test and post-test analyzed by t-test to find out the different between pre-test and post-test significant or not, it obtain the increase of student’s learning outcome score occured in significant. ANAVA test also obtained that the result of n-gain score consistent in each class. For attitude competence obtained modus value are 3,00 (Good) in each class. For skill competence, at first find optimum value for activity and write assessment to average, so the average value of experiment class are 3,33, first class replication are 3,28, and second class replication are 3,25. It  concluded that the application of saintific approach with GW-ACCESS method increase student’s learning outcome in grade X student of SMAN 1 Krembung on the subjects of static fluid.

 

Keywords : scientific approach, GW-ACCESS method, student’s learning outcome, static fluid.

Published
2015-10-01
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 24