PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN MENYUSUN LAPORAN DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 1 MOJOSARI

  • PRADITA ENDAR DINI

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Untuk melakukan evaluasi pembelajaran perlu dipersiapkan perencanaan penilaian yang matang. Salah satu teknik penilaian adalah penilaian portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan penilaian portofolio dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, mendeskripsikan keterampilan siswa menyusun laporan, serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada kegiatan pendahuluan sebesar 90.75%, pada kegiatan inti sebesar 95.75%, pada kegiatan penutup sebesar 95.75%, dan pengamatan suasana kelas sebesar 97.5%. Nilai rata-rata keterampilan siswa dalam menyusun laporan mengalami peningkatan dari kategori cukup baik hingga sangat baik. Hasil perhitungan uji-t berpasangan pretest-posttest siswa pada kelas X IPA 5, X IPA 6, dan X IPA 7  berturut-turut adalah 19.89, 14.85, dan 20.51 dengan . Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa keterlaksanaan penilaian portofolio dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Alat Optik di SMA Negeri 1 Mojosari baik, keterampilan siswa dalam menyusun laporan praktikum semakin meningkat dan hasil belajar pengetahuan pada masing-masing kelas juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Kata Kunci: Penilaian portofolio, Keterampilan Menyusun Laporan, Hasil Belajar

Abstrack

Evaluation is one important component of education. To evaluate the learning, we need to prepare good assessment plan. One of the assessment technics is portfolio assessment. This research aims to describe the implementation of portfolio assessment with STAD type of cooperative learning, to describe student’s skill to creating the report, and to describe the student learning result. Type of research is pre-experimental with one group pretest-posttest design. The results showed that the percentage of the average score learning on opening activity of 90.75%, on activity learning amounted to 95.75%, on closing activity amounted to 95.75%, and observation of classroom condition amounted to 97.5%. The average score of student’s skills in creating report increased from quite to very good categories. Calculation results of Uji-t pretest-posttest in X IPA 5, X IPA 6, X IPA 7 are respectively 19.89, 14.85, and 20.15 with  Based on the results above, it can be concluded that the implementation of portfolio assessment with STAD cooperative learning is good, the implementation of portfolio assessment can increase student’s skiils to creating the report and the student learning results increased significantly.

Key words: Portfolio assessment, Student’s skills to creating the report, Student learning results

Published
2015-10-01
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 28