Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Elastisitas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kedamean Gresik

  • VEGA SADATINA JUSTITIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata dengan kategori baik; (2) Hasil belajar pengetahuan siswa yang menerapkan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran yang biasa digunakan disekolah dengan peningkatan hasil belajar pengetahuan siswa kelas eksperimen yang signifikan dan berkategori sedang. Hasil belajar keterampilan siswa pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II diperoleh rata-rata nilai 3,68 dan 3,41, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai 3,06. Hasil belajar sikap siswa pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II diperoleh rata-rata nilai pada kategori sangat baik, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai pada kategori baik; (3) Respons siswa dari kelas eksperimen menunjukkan presentase tinggi dengan kriteria baik sekali. Dengan demikian maka penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, hasil belajar siswa, elastisitas,

 

Abstract

This research aims to analyze student’s leaning outcomes after being applied inquiry learning model. Type of this research is quasi experimental with nonequivalent control group design. This result shows that: (1) Feasibility of inquiry learning model obtains value which is in good category; (2) Student learning outcomes which apply inquiry learning model is better than student learning outcomes which apply regularly learning model used in their school and have increased significantly at medium category. Score of skill in first experimental class and second experimental class are 3,68 and 3,41, whereas score of skill in control class is 3,06. Attitudes average score in experimental classes belong to excellent category, whereas attitudes average score in controled class belong to good category; (3) Student’s response in experimental classes show high percentages with excellent category. Thus, the implementation of inquiry learning model can improve student’s learning outcomes.

 

Keywords: inquiry learning model, student learning outcomes, elasticity

Published
2015-10-01
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 37