PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN KEGIATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

  • AFIFAH YULIANI ADHIM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided discovery dengan kegiatan laboratorium. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain one group pretest-posttest menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 02 Bangkalan. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa semua kelas yang digunakan sebagai subjek penelitian berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran guided discovery dengan kegiatan laboratorium terlaksana dengan sangat baik. Hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan meningkat dari nilai 1,44 menjadi 3,36 untuk kelas ekperimen, 1,49 menjadi 3,20 kelas replikasi 1, dan 1,39 menjadi 3,00 untuk kelas replikasi 2. Peningkatan tersebut bersifat signifikan dalam kategori sedang dan konsisten di ketiga kelas penelitian. Kompetensi keterampilan siswa kelas eksperimen mendapat nilai 3,48, kelas replikasi 1 sebesar 3,39, dan replikasi 2 sebesar  3,37. Untuk kompetensi sikap siswa di ketiga kelas berada pada rentang sangat baik dan baik. Siswa dari ketiga kelas juga menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan model guided discovery dengan kegiatan laboratorium dengan kategori sangat baik. Kendala-kendala yang dihadapi peneliti saat melaksanakan kegiatan penelitian yaitu terkait dengan fasilitas sekolah yang diperlukan peneliti seperti LCD dan alat-alat laboratorium,  dan  kemampuan dasar siswa dalam menggunakan alat-alat laboratorium.

 

Kata kunci: guided discovery, kegiatan  laboratorium, hasil belajar .

.

Abstract

This research aimed to describe student learning out comes in temperature and heat material after learning implemented using guided discovery learning model using laboratory activities. This type of researchis aquasi-experimental with one group pretest-posttest design using an experimental class and two classes of replication. These research subjects are students of class X of SMAN 02 Bangkalan. Normality and homogeneity test results showed that all the classes that are used as research subjects have normal distribution and homogeneous. The results showed that the enforceability study using guided discovery learning model using laboratory activities carried out are very well. Student learning outcomes in knowledge competence is increased of the value of 1.44 to 3.36 inexperimental class, 1.49 to 3.in 1st class replication, and 1.39 becomes 3.00 for 2nd class replication. Such improvement sare in the medium category and are consistent across all three classes of research. Skills competence of experimental classstudents scored is 3.48 , while in1st class replication scored is 3.39 and 2nd class replication scored is 3.37. For competence in third grade students' attitudes are in the range very well and good. Students from the third classes also showed a positive response to learning using guided discovery model of the laboratory's activities with very good category. Constraints faced by researchers when conducting research that is related to school facilities required researchers such as LCD and laboratory equipment, and basic ability of students in the using of laboratory equipment.

 

Keywords: guided discovery, laboratory activities, learning outcomes.

Published
2015-10-01
Abstract Views: 154
PDF Downloads: 200