ANALISIS PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PROBLEM SOLVING PERPINDAHAN KALOR KELAS X SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN SIDOARJO

  • DAFIT APRIA WIDIANTO

Abstract

Dalam pembelajaran fisika, umumnya siswa diajarkan menyelesaikan soal produk yang penyelesaiannya satu arah. Aspek kreativitas siswa kurang diperhatikan dalam menyelesaikan soal-soal yang penyelesaiannya menyebar. Di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo belum pernah dilakukan pembelajaran untuk melatih kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal yang berupa analisis. Model pembelajaran yang sering dilakukan di SMA Wachid hasyim 2 Taman Sidoarjo adalah pembelajaran langsung dan diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif tipe think-pair-share (TPS) serta peningkatan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal-soal problem solving perpindahan kalor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test menggunakan dua sample kelas yaitu X MIA 1 dan X MIA 2 di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Dalam pelaksanaannya, peneliti memberikan pre-test yang beroirentasi pada kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal analisis, memberikan perlakuan dengan mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, kemudian memberi post-test yang orientasinya sama dengan pre-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat terlaksana dengan rata-rata persentasi sebesar 91,25 % untuk kelas X MIA 1 dan sebesar 92,50 % untuk kelas X MIA 2 dengan kategori sangat baik. Selain itu, peningkatan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal-soal problem solving perpindahan kalor pada TKBK 0 tidak ada satupun yang berada pada tingkat ini, dan mengalami peningkatan pada TKBK 1-4.

 

Kata kunci: kooperatif tipe think-pair-share (TPS), kreativitas, soal-soal problem solving, TKBK (tingkat kemampuan

                     berpikir kreatif).             

                                                                                                   Abstract                               

In the physics study, generally students taught to solve problems products using one way direction. Students' creativity aspect got less attention when they were working on the exercise which used spread completion. In The Hashim Wachid 2 Taman Sidoarjo Senior High School has never done some learning to train students' creativity in solving problems using analysis form. The learning model which is often done in Wachid hasyim 2 Taman Sidoarjo Senior High School is a direct learning and discussion. This study aims to determine the result of cooperative learning model think-pair-share (TPS) and increase the students' creativity in solving problems of heat transfer problem solving. The method used in this study is one group pre-test and post-test using two sample classes: those are X MIA 1 dan X MIA 2 in Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo Senior High School. In doing so, researchers gave pre-test that oriented in the students' creativity in solving problems of analysis, provided treatment by using cooperative learning model think-pair-share (TPS), then giving post-test whose the orientation equal to the pre-test. The results showed that study with cooperative learning model think-pair-share (TPS) can be implemented with an average percentage of 91.25% for class X MIA 1 and amounted to 92.50% for class X MIA 2 with very good category. In addition, the increase of students' creativity in finishing problems of heat transfer problem solving on TKBK 0 none of them stay at this level, and it increase on TKBK 1-4.

 

Keywords: cooperative type think-pair-share (TPS), creativity, problem solving questions, TKBK (level of creative

                    thinking abilities).

Published
2015-10-01
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 55