Penerapan Pembelajaran dengan Model Project Based Learning Berbasis Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemanasan Global

  • AKHMAD SJAHRIR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI  MIA SMA Negeri 8 Surabaya setelah menerapkan pembelajaran dengan model project based learning berbasis laboratorium virtual pada materi pemanasan global. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment designdengan  pretest and posttest group design menggunakan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi. Sasaran penelitian ini adalah siswa di kelas XI MIA 1, XI MIA 5, dan XI MIA dengan pengambilan kelas sampel menggunakan kelas sampel yang cocok (convenient sampling) untuk mendapatkan hasil yang optimal. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengamatan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan siswa di ketiga kelas tersebut meningkat signifikan diperoleh nilai , peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata n-gain masing-masing adalah 0,57; 0,54; dan 0,61 dalam kategori sedang, peningkatan dari ketiga kelas konsisten dengan nilai  < .Nilai keterampilan siswa di ketiga kelas tersebut berturut-turut sebesar 3,44; 3,36; dan 3,30 dengan kategori B+. Nilai rata-rata sikap siswa di ketiga kelas tersebut masing-masing adalah memperoleh  berturut-turut 3,12; 3,11; dan 3,09 dengan kategori sikap baik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada materi pemanasan global dapat meningkat setelah diterapkan pembelajaran dengan model project based learning berbasis laboratorium virtual.

 

Kata Kunci:   model Project based learning, laboratorium virtual, Hasil Belajar.

Abstract

This study aimed to describe the learning outcomes of students of class XI MIA SMAN 8 Surabaya after applying the model of project based learning with learning based virtual laboratory on the material of global warming. This type of research is quasy experiment design with pretest and posttest group design using one experimental class and two classes of replication. The targets of this research is the students in class XI MIA 1, XI MIA 5, and XI MIA 6 with take class samples used convenient sampling to obtain optimal results. Data collected by using observation and tests. The results showed that the knowledge of students in three classes increased significantly, obtained value ,. Improving student learning outcomes with an average value of n-gain is 0.57; 0.54; and 0.61 in the medium category. An increase of three classes consistent with the values ​​  < .Value skills of students in three classes in a row at 3.44; 3.36; and 3.30 with a category B+. The average value of the attitude of the students in three classes obtained respectively 3.12; 3.11; and 3.09 with a good attitude category. So it can be concluded that student learning outcomes in global warming material can be increased after the applied learning project based learning based virtual laboratory.

 

Keywords: project based learning, virtual  laboratory, learning outcomes.

Published
2015-10-01
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 191