PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SIMULASI GEMPA BUMI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGETAHUAN DAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN DAN SIKAP  SISWA PADA MATERI IPBA

  • MUHAMMAD ZIYYAUDDIN PURWO KARTIKO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kompetensi pengetahuan, dan ketercapaian kompetensi keterampilan dan sikap siswa pada materi IPBA dengan menggunakan alat peraga dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pre-experimental dengan desain pre-test and post-test one group desain dengan menggunakan satu kelas sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 32 Surabaya kelas. Uji analisis data menggunakan uji t gain score untuk peningkatan kompetensi pengetahuan dan nilai rata-rata untuk ketercapaian kompetensi keterampilan dan sikap. Hasil penelitian menunjukkan  keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran menggunakan alat peraga memperoleh kategori sangat baik. Kompetensi pengetahuan siswa meningkat secara signifikan dan berkategori sedang, pencapaian kompetensi keterampilan siswa mendapatkan predikat A-, dan pencapaian kompetensi sikap siswa mendapatkan predikat baik.

 

Kata kunci: alat peraga, gempa bumi, IPBA.

Abstract

The research aim to describe the competence development of knowledge, skills and competence achievement and students attitudes on the matter IPBA using props to use a scientific approach. The type of research is a quantitative pre-experimental design with pre-test and post-test design with one group using the class as a research subject. The subject of this research is students of class VIII E SMPN 32 Surabaya. Test data are analyzed using t-test score to gain increased competence and knowledge of the average for the achievement of competence and attitude. The results showed feasibility of using learning tools to obtain very good category. Competence students' knowledge increased significantly and are categorized, the attainment of skills students awarded A-, attitude and achievement of competencies students is good predicate.

 

 Keywords: Props, eartquake, IPBA

Published
2015-10-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 80