Penerapan Pembelajaran dengan Model Diskusi Kelas Tipe Beach Ball untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemanasan Global Kelas XI SMA Berbasis Kurikulum 2013

  • SITI ZAINUR ROHMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, mendekripsikan keterlaksanaan pembelajaran, mendeskripsikan respon siswa, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan mendeskripsikan kendala yang terjadi dalam melakukan penelitian dalam pembelajaran dengan model diskusi kelas tipe diskusi kelas tipe Beach Ball pada materi pemanasan global.  Penelitian ini adalah penelitian pre experiment dengan desain one group pretest posttest menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi.Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Tuban pada semester genap tahun ajaran 2014/2015.Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 1, XI MIA 4, dan XI MIA 5.Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes hasil belajar, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan kendala, serta angket respon siswa. Hasil belajar dianalisis dengan uji t gain, n-gain score, dan uji Anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dan konsisten di ketiga kelas.  Tingkat peningkatan dengan n-gain score sebesar 0,63 untuk kelas eksperimen, 0,66 untuk kelas replikasi 1, dan 0,62 untuk kelas replikasi 2 dengan kategori sedang di ketiga kelas. Rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran secara berturut-turut untuk kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2 adalah 80,5%, 85,5%, dan 81,5% dengan kategori sangat baik untuk ketiga kelas. Respon siswa kelas eksperimen, kelas replikasi 1 dan kelas replikasi 2 menunjukkan nilai positif dengan rata-rata persentase pada masing-masing kelas adalah 77,50% dengan kategori baik, 80,83% dengan kategori sangat baik, dan 72,92% dengan kategori baik. Rata-rata persentase aktivitas siswa secara berturut-turut untuk kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2 adalah 88,78%, 90,90%, dan 90,53%. Rata-rata persentase aktivitas siswa di ketiga kelas dalam kategori sangat baik. Kendala yang dihadapi adalah jadwal pelajaran fisika setelah jam istirahat, bersamaan dengan adanya kegiatan sekolah, siswa belum pernah mendapatkan pembelajaran dengan model tersebut, dan waktu diskusi yang lebih lama dari alokasi waktu yang direncanakan.

Kata kunci : Diskusi kelas tipe Beach Ball, hasil belajar, pemanasan global.

 

Abstract

This research aims to describe student learning outcome of classroom discussion model with Beach Ball type, describe the learning process, describe the student's response, describe the student's activity, and describe the obstacle during implement this model on the theme of global warming. This pre experimental research uses one group pretest-posttest design. There are three class is used in this research. Those are one experimental class and two class of replication. The research is held at SMAN 1 Tuban on even semester 2014/2015. The subjects are students in XI MIA 1, XI MIA 4, and XI MIA 5. Data is collected using test for learning outcome, observation for learning process, student activity, obstacles, and questionnaire for student’s response. Learning outcome is analyzed using t gain, n-gain score, and ANOVA. The result shows that the learning outcome increases significantly and consistently to all class. The learning outcome increases consistently which the n-gain score in medium category that are 0.63 for the experimental class, 0.66 for 1st replication class, and 0.62 for 2nd replication class. The average-percentage of each class is 80.5%, 85.5%, and 81.5% in very good category. Then, student responds positively about the learning process with the average-percentage 77.50% for the experimental class in good category, 80.83% for 1st replication class in very good category, and 72.92% for 2nd replication class in good category. The average-percentage of student activity shows for experimental class, 1st replication class, and for 2nd replication class are 88.78%, 90.90%, and 90.53%. The student’s activity in the learning process is in the excellent category. And last, the obstacles have encountered in learning process are in the physics lesson schedule,  the research timing and school event concurrently, the students have not yet received the learning model, and the discussion phase is longer than the time allocation.

 

Keywords : Classroom discussion model with Beach Ball type, learning outcomes, and global warming.

Published
2015-10-01
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 61