Penerapan Guided Discovery Learning Dengan Menggunakan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Pokok Alternatif Solusi Energi di SMA

  • ROZANA NI'MATUL JANNAH

Abstract

Proses pembelajaran merupakan suatu proses untuk mengembangkan potensi dan karakter agar tercapainya ide pengetahuan secara logis, sistematis, kreatif, dan inovatif. Untuk mengembangkan suatu potensi diperlukan kemampuan berpikir, salah satu kemampuan berpikir yaitu berpikir kreatif yang melibatkan kemampuan untuk mengembangkan ide orisinil dan menghubungkan konsep sebelumnya secara intuitif dan rasional. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan berpikir kreatif, dan kendala-kendala pada model pembelajaran guided discovery learning dengan laboratorium virtual.  Metode penelitian ini menggunakan deskripsi kuantitatif dengan desain ekperimen yaitu  quasi experimental design. Hasil penelitian ini dilakukan uji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui sampel yang akan digunakan telah terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, menganalisis keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan melalui observasi. Berdasarkan hasil rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama adalah 3,70 dan pertemuan kedua adalah 3,50 yang memenuhi kriteria baik. Kemudian menganalisis peningkatan berpikir kreatif melalui pretest dan posttest pada kelas XI MIA 1, XIMIA 5, dan XI MIA 7. Berdasarkan hasil yang diperoleh terjadi peningkatan secara signifikan, karena nilai thitung > ttabel hal ini sesuai dengan uji t signifikan gain secara berturut adalah thitung sebesar 11,39; 14,53; 15,90 dan ttabel sebesar 1,70; 1,68; 1,70. Berdasarkan peningkatan gain skor ternormalisasi berkriteria sedang karena berada pada rentang  0,3 ≤ g ≤ 0,7 dengan hasil rata-rata gain skor di setiap kelas secara berturut sebesar 0,3; 0,4; dan 0,4. Aspek berpikir kreatif meliputi originality,  fluency,  flexibility, dan elaboration. Adapun kendala yang terjadi adalah terbatasnya connection wifi saat kegiatan laboratorium virtual, beberapa kelompok siswa belum memahami prosedur kegiatan dengan benar, siswa belum terbiasa dengan kegiatan laboratorium virtual.

 

Kata kunci: Guided discovery Learning, Laboratorium Virtual, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Alternatif Solusi

                      Energi

 

Abstract

The learning proses is a process to develop the potential and character to achieve the idea of knowledge logically, creatively and innovatively. To develop one’s potentia, thingking creative is needed. The thought involves the ability to develop the original idea and connect the previous concept intuitively and rasionally. The purpose of this study is to describe about learning process, the increase of creative thinking and the problem of the “guided discovery learning” method. The method of this study is quantitative with “quasi experimental design”. The result of this study is uses normality and homogenous tests to know the sample whether it is distributed normally or homogenous. Then, to analyze the learning process, it uses an observation. Average of the result of the first learning proses is 3,70 and for the second is 3,50, they are included as good criteria. Then, the researcher analyzes the increase of the creative thinking through pretest and posttest in the classes of XI MIA 1, XI MIA 5 and XI MIA 7. Based on the result, there is a significan increase because tcount > ttable. tcount are 11,39; 14,53; 15,90 and ttable are 1,70; 1,68; 1,70. Based on the “gain” increase, the moderate normalization skor if they are in the range 0,3 ≤ gn ≤ 0,7 with the average of gain score in each class are 0,3; 0,4; 0,4. The aspects of the creative thinking are originality, fluency, flexibility and elaboration. The problems of this study are the limited “internet connection” when the students are doing the virtual laboratory, some of groups have not understood the procedures of the activities because they are not accustomed to do the virtual laboratory.

 

Keywords: Guided discovery Learning, Vitual Laboratory, Creative Thinking Skills, and Alternative Energy

                     Solution.

Published
2015-10-01
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 25