PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 PLAOSAN, MAGETAN

  • ADI SANTOSO

Abstract

Pembelajaran fisika dapat digunakan berbagai macam metode pembelajaran, salah satunya adalah metode pembelajaran berbasis laboratorium. Melalui penerapan belajar langsung dengan melakukan kegiatan laboratorium, siswa diharapkan dapat mengembangkan keterampilan dasar mengamati dan mengukur. Selain itu siswa juga dapat menguasai keterampilan proses seperti mencatat, membuat tabel, menganalisis data, menarik kesimpulan, berkomunikasi, serta bekerjasama dalam tim dan keterampilan berpikir sesuai dengan tuntutan pada kurikulum 2013, sehingga diharapkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar, dan respons siswa dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis laboratorium pada materi alat-alat optik kelas X di SMA Negeri 1 Plaosan, Magetan. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan one group pretest and posttest design. Data pada penelitian ini berupa hasil pretest dan posttest hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respons siswa. Hasil perhitungan menunjukkan hasil belajar siswa memperoleh Gain Score 0,71 untuk kelas eksperimen maupun replikasi dengan kategori tinggi. Selain itu, berdasarkan analisis uji t menunjukkan bahwa thitung> ttabel untuk kelas eksperimen maupun kelas replikasi. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran berbasis laboratorium lebih tinggi dibandingkan sebelum diterapkan metode pembelajaran berbasis laboratorium. Kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis laboratorium pada materi alat-alat optik terlaksana sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 87,50 dengan kategori sangat baik. Respons siswa terhadap penerapan metode pembelajaran berbasis laboratorium pada materi alat-alat optik adalah sebesar 87,31% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian metode pembelajaran berbasis laboratorium dapat menjadi metode alternatif agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

 

Kata kunci : Metode pembelajaran berbasis laboratorium, alat-alat optik, hasil belajar siswa.

 

ABSTRACT

Physics learning can use a variety of learning methods, one of which is a laboratory based learning method. Through the implementation of direct learning by doing laboratory activities, students are expected to develop basic skills to observe and measure. moreover, students also can master the skills of processes such as notes, create tables, analyze the data, draw conclusions, communicate, and collaborate in teams and thinking skills according to the demands of the curriculum 2013, which is expected the student learning outcomes be better. This study aimed to describe the feasibility learning, improved learning outcomes, and student responses by implementing of laboratory based learning method on optical instruments lesson in class X SMA Negeri 1 Plaosan, Magetan. The data in this study of the results of pretest and posttest student learning outcomes, feasibility learning observation sheet and questionnaire responses of students. The calculations show student learning outcomes gained Score is 0.71 for experiments class and replication class with high category. Moreover, by t test analysis showed that tcount> ttable experiments class and replication class. This shows that student learning outcomes after implementation of laboratory based learning method is higher than before implemented laboratory based learning methods. Learning activities by implementing laboratory based learning methods on optical instruments lesson done very well with an average percentage is 87.50 with very good category. Student response to the implementation of laboratory based learning method on optical instruments lesson is 87.31% with very good category. Thus the laboratory based learning method can be an alternative method in order better student learning outcomes.

 

Kaywords: laboratory based learning method, optical instruments, student learning outcomes.

Published
2015-10-01
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 47