Penerapan Pembelajaran Guided Discovery Dengan Metode Demonstrasi Menggunakan PhET Simulation Dalam Menurunkan Miskonsepsi Siswa Pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMAN 1 Tegaldlimo, Banyuwangi

  • PRAYOGI MEGA SUCIATMOKO

Abstract

Studi pendahuluan menunjukkan bahwa di SMAN 1 Tegaldlimo terdapat miskonsepsi siswa pada materi listrik dinamis, dengan persentase miskonsepsi yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penurunan miskonsepsi siswa di kelas X SMAN 1 Tegaldlimo setelah melaksanakan pembelajaran Guided Discovery dengan metode demonstrasi menggunakan PhET Simulation pada materi listrik dinamis. Penelitian ini termasuk penelitian Pre-Experimental, dengan desain penelitian  one-group pretest-postest design. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-2 sebagai kelas replikasi. Sebelum dan sesudah perlakuan, siswa diberikan 10 butir soal pretest dan posttest yang berupa pilihan ganda dengan disertai alasan yang sudah ditentukan. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode false, yang mencerminkan pengetahuan awal dan perubahan miskonsepsi yang dialami siswa. Hasil penelitian menyebutkan: a) Dari hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran setelah dilaksanakannya pembelajaran Guided Discovery dengan metode demonstrasi menggunakan PhET Simulation, dieketahui bahwa keterlaksanaan pembelajaran dari kedua kelas menunjukkan peningkatan, dari persentase keterlaksanaan sebesar 64,1% pada pertemuan pertama menjadi 79,7% pada pertemuan kedua dalam kategori baik untuk kelas eksperimen, dan persentase keterlaksanaan sebesar 67,2% pada pertemuan pertama menjadi 76,6% pada pertemuan kedua dalam kategori baik untuk kelas replikasi. b) Terjadi penurunan misonsepsi dengan n-Gain Score mencapai 0,50 termasuk dalam kriteria sedang pada kelas eksperimen, dan n-Gain Score mencapai 0,67 termasuk dalam kriteria sedang pada kelas replikasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Guided Discovery dengan metode demonstrasi menggunakan PhET Simulation dapat menurunkan miskonsepsi siswa pada materi listrik dinamis.

 

Kata kunci: Guided Discovery, Metode Demonstrasi, PhET Simullation, Penurunan Miskonsepsi

Abstract

Preliminary studies showed that in SMAN 1 Tegaldlimo be found misconceptions students on dynamic electrical materials, with a fairly high percentage of misconceptions. This research  aimed to  describe the decline in students miskonsepsions in class X SMAN 1 Tegaldlimo after conducting Guided Discovery learning by demonstration method using PhET Simulation on dynamic electrical materials. This research includes the study of Pre-Experimental, with a research one-group pretest-postest design. Samples used in this research is class X-1 as the experimental class, and class X-2 as the replication class. Before and after treatment, the student are given 10 items pretest and posttest in the form of multiple choice with the reasons that have been determined. Data were analyzed with false method, which reflects the initial knowledge and change misconceptions experienced by students. The study says: a) From the analysis of feasibility study after the implementation of Guided Discovery learning by demonstration method using PhET Simulation, note that the feasibility study of the second grade showed an increase, from feasibility percentage of 64,1% in first meeting be 79,7% in the second meeting in both categories for the experimental class, and feasibility percentage of 67,2% in first meeting be 76,6% in the second meeting in both categories for the replication class. b) There was a decrease of misconceptions with n-Gain Score reach 0,50 included in the criteria being the experimental class, and n-Gain Score reach 0,67 included in the criteria being the replication class. Based on these result, it can be included that the Guided Discovery learning by demonstration method using PhET Simulation can reduce misconceptions students on dynamic electrical materials.

 

Keywords: Guided Discovery, demonstration method, PhET Simulation, reducing of misconceptions

Published
2015-10-01
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 30