PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KEGIATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS KELAS X SMA NEGERI 2 SIDOARJO

Authors

  • JUFITA RATNASARI

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v5n2.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium pada materi elastisitas di kelas X SMA Negeri 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini yaitu pre eksperimental dengan bentuk one-group pre test-post test design. Sasaran penelitian yakni pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium kelas X-MIA 4 (kelas eksperimen), kelas X-MIA 5, dan X-MIA 6 (kelas replikasi) di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium pada tahap pendahuluan, kegiatan inti, penutup dan pengelolaan waktu terlaksana dengan rata-rata 3,71 termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dianalisis dengan n-gain dan uji-t berpasangan. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yakni kelas X-MIA 4 dengan nilai <g> sebesar 0,61, kelas X-MIA 5 dengan nilai <g> sebesar 0,63, dan kelas X-MIA 6 dengan nilai <g> sebesar 0,65. Ketiga kelas mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis uji-t berpasangan diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas replikasi. Respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium berkategori baik dengan persentase sebesar 77% hingga 80%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Sidoarjo pada materi elastisitas.

 

Kata kunci: Inkuiri terbimbing, kegiatan laboratorium, hasil belajar, respon siswa, elastisitas

Abstract

This study aimed to describe the results of the application of guided inquiry-based learning laboratory activities on the elasticity of the material. This type of research is the study design pre experimental with one-group pre test-post test design. The objectives of research namely class X-MIA 4 (the experimental class), class X-MIA 5, and X-MIA 6 (replications class) in SMAN 2 Sidoarjo. The results showed that Process guided inquiry-based learning laboratory activities by an average of 3,71 included in a verry good category. Improving student learning outcomes in the competence of the knowledge obtained n-gain score and paired t-test. The results of student learning has increased the class X-MIA 4 obtained value <g> of 0,61, class X-MIA 5 obtained value <g> of 0,63, and class X-MIA 6 gain’s  value <g> of 0,65. Third class showed that learning outcomes in the medium category. Based on the analysis of paired t-test showed that there was an increase of learning outcomes significantly in experimental class and class replication. The response of students after learning applied an activity-based guided inquiry labs get a percentage of 77% to 80% with a good category. Thus, this research can be concluded that the application of guided inquiry-based learning model laboratory operations can be applied to improve the results of class X student at SMAN 2 Sidoarjo on the elasticity of the material.

Keywords: Guided inquiry, laboratory activities, learning outcomes, student response, elasticity

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-26
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 30