PROFIL SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SMAN PLOSO PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP MATERI ELASTISITAS
Abstract
Self-efficacy merupakan keyakinan diri seseorang untuk menyelesaikan tugas dengan kemampuannya sendiri. Self-efficacy memberikan dampak tersendri bagi individu dalam meningkatkan kemampuannya. Model pembelajaran konsep merupakan pembelajaran induktif yang membantu siswa untuk menemukan konsep dan memunculkan sikap self-efficacy dalam setiap sintaksnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran konsep dan mendiskripsikan self-efficacy siswa pada pembelajarn konsep. Metode penelitian ini adalah pre experimental design dengan menggunakan one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran konsep adalah baik. Self-efficacy yang dimiliki siswa kelas X MIA 4 yaitu 9,73% kategori sangat tinggi, 75% kategori tinggi dan 15,62% cukup tinggi serta terdapat hubungan positif sebesar 0,675 antara self-efficacy dengan hasil belajar siswa setelah diteapkan model pembelajaran konsep materi elastisitas.
Kata Kunci: pembelajaran konsep, self-efficacy, elastisitas
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

