PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS X SMAN 1 GEDANGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v5n2.p%25pAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan proses sains, dan respon siswa setelah diterapkan pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen, kelas X MIA 3 sebagai kelas replikasi 1, dan kelas X MIA 4 sebagai kelas replikasi 2. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil peningkatan keterampilan proses dianalisis menggunakan gain ternormalisasi dan uji-t berpasangan. Berdasarkan hasil perhitungan gain ternormalisasi, peningkatan keterampilan proses sains siswa pada ketiga kelas penelitian berturut-turut 0,93, 0,83, dan 0,86. Peningkatan keterampilan proses sains pada ketiga kelas penelitian tersebut dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t berpasangan diperoleh bahwa thitung>ttabel sehingga terjadi peningkatan keterampilan proses sains siswa secara signifikan dengan taraf signifikan 0,05. Keterlaksanaan pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT pada pertemuan I dan II mendapatkan skor dalam kategori sangat baik pada ketiga kelas penelitian. Selain itu, penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT ini mendapatkan respon yang baik dari siswa.
Kata Kunci: pembelajaran kontekstual, strategi REACT, keterampilan proses sains
Abstract
This research aims to describe conducting learning, improving science process skills, and student response after applied of contextual learning with REACT strategy. This research design the use of pre-experimental design with one-group pretest-posttest design. The subjects of the research are X MIA 2 as an experimental class, X MIA 3 as first repeating class and X MIA 4 as a second repeating class. The method of collecting data that used in this research are the validation, observation, test, and questionnaire method. The result of improving science process skills were analyzed by using normalized gain and paired t-test. Based on n-gain calculations, increasing science process skills of students in the three class of research consecutive are 0.93, 0.83, and 0.86. The improve science process skills in the three class of research in the high category. Based on the calculations of paired t-test that thitung>ttabel so the students’ science process skill increase significantly with significance level of 0,05. The conducting contextual learning with REACT strategy at first and second meetings got category score is very good in the three research classes. In addition, the application of contextual learning with REACT strategy is getting good response from the students.
Keywords: contextual learning, REACT strategy, science process skill
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

