PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X SMAN 1 NGANJUK
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v5n2.p%25pAbstract
Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru fisika di kelas X SMAN 1 Nganjuk, diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran fisika masih kurang dieksplor dengan kegiatan praktikum. Akibatnya siswa kurang terlatih untuk menemukan sendiri fakta atau konsep yang akan dipelajari, sehingga berdampak pada keterampilan proses sainsnya. Salah satu pembelajaran yang melatihkan dan meningkatkan keterampilan proses sains adalah model pembelajaran guided discovery. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran kalor dengan menerapkan model pembelajaran guided discovery, mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran guided discovery. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian preeksperimental dengan desain One group pretest and posttest. Penentuan sampel penelitian dipilih berdasarkan pertimbangan guru. Data yang diperoleh adalah hasil posstest yang dianalisis dengan statistik uji hipotesis. Berdasarkan analisis uji t berpasangan diperoleh thitung > ttabel, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai keterampilan proses sains siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan. Dari analisis n-gain diperoleh bahwa terdapat peningkatan dengan kategori yang tinggi pada keterampilan proses sains setelah diterapkan model pembelajaran guided discovery. Kesimpulannya bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran guided discovery pada materi kalor secara keseluruhan pada ketiga kelas tersebut dapat dilaksanakan dengan kategori sangat baik, keterampilan proses sains siswa terdapat peningkatan yang diukur melalui pretest dan posttest.
Kata kunci: model pembelajaran guided discovery, keterampilan proses sains, kalor.
Abstract
Based on the results of interviews with physics teacher in class X SMAN 1 Nganjuk, found that in the process of learning physics is still lacking explored practical activities. As a result, poorly trained students to find their own facts or concepts that will be studied, so the impact on their science process skills. One learning that apply and improve science process skills is guided discovery learning model. Therefore, the research aimed to describe the feasibility application guided discovery learning model, and describes the science process skills of students before and after the implementation of guided discovery learning model. The method in this research is pre-experimental design One group pretest and posttest. The samples of research conducted with a purposive sampling technique. The data obtained are the results of posstest were analyzed by statistical hypothesis testing. Based on the analysis of paired t test showed tcount> ttable, this shows that there are differences in the value of science process skills of students before and after being treatment, thus tcount> ttable. From the result of n-gain analysis showed that there is an increase the science process skills in the high category in after application of guided discovery learning model. The conclusion that the enforceability of learning with guided discovery learning model on heat the material can be implemented with very good categories, science process skills of students there is increased as measured by pretest and posttest.
Keywords: guided discovery learning model, science process skills, heat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

