Pengaruh Kegiatan Praktikum Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor SMA Negeri Mojoagung

Authors

  • MAFIDA HERMAWATI

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v5n2.p%25p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan kegiatan praktikum berbantuan tutor sebaya pada materi kalor SMA Negeri Mojoagung dan hasil belajar siswa setelah menggunakan kegiatan praktikum berbantuan tutor sebaya. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri Mojoagung yang berjumlah 5 kelas pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian dipilih acak sebanyak empat kelas yakni satu kelas eksperimen, dua kelas replikasi, dan satu kelas kontrol. Hasil uji-t dua pihak didapatkan thitung hasil belajar siswa dari tiga kelas eksperimen berturut-turut sebesar 4,03; 3,71; dan 3,59 serta ttabel sebesar 1,98 dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol karena nilai thitung tidak memenuhi -ttabel<thitung<ttabel. Hasil uji-t satu pihak didapatkan nilai thitung tiga kelas eksperimen berturut-turut adalah 4,03; 3,71; dan 3,59 serta ttabel sebesar 1,66 dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa kelas kontrol karena nilai thitung memenuhi thitung>ttabel. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan kegiatan praktikum berbantuan tutor sebaya pada materi kalor terlaksana dengan baik. Hasil belajar kelas eksperimen (menggunakan kegiatan praktikum berbantuan tutor sebaya) lebih tinggi dengan nilai 88,93; 89,33; dan 89,39 dari pada hasil belajar siswa pada kelas kontrol dengan nilai 80,86. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan praktikum berbantuan tutor sebaya pada materi kalor SMA Negeri Mojoagung memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

            Kata kunci: kegiatan praktikum, tutor sebaya, hasil belajar siswa, kalor

Abstract

This study aimed to describe materialize aided learning lab activities on a peer tutor heat material SMA Mojoagung and student learning outcomes after using practicum assisted peer tutors. The study design used was Randomized Control-group pretest-posttest design. The study population was all students of class X SMA IPA Mojoagung amounting to 5 classes in the second semester of the 2015/2016 academic year. Samples were selected randomly as many as four classes: one class experiment, two classes of replication, and one control class. The results of t-test two parties tarithmetic student learning outcomes obtained from three consecutive experimental class of 4.03; 3.71; and 3.59 and 1.98 ttable with significance level of 0.05. The results of different experiments grade students with learning outcomes of students in the control class for tarithmetic not meet –ttable <tarithmetic <ttable. The results of t-test of the party obtained tcount three consecutive experimental class is 4.03; 3.71; and 3.59 and 1.66 ttable with significance level of 0.05. The results of experimental class students learn better than the control class student learning outcomes for tcount meet thitung> ttable. The results of the analysis materialize aided learning lab activities using peer tutors on calorific material carried out well. The results of experimental class learning (using a peer tutor-assisted practical activities) is higher by 88.93 value; 89.33; and 89.39 of the learning outcomes of students in the control class with a value of 80.86. Therefore we can conclude that practicum assisted peer tutors on the calorific content of SMA Mojoagung influence on student learning outcomes.

           Keywords: practicum, peer tutoring, student learning outcomes, heat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-07-26
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 29