Pengaruh Penerapan Pendekatan Masalah Terbuka dalam PBI (Problem Based Instruction) ‎Terhadap Hasil Belajar di SMA N 1 Menganti Gresik

Authors

  • Suci Riyanti
  • Abdul Kholiq

Abstract

IPA mencakup dua hal yaitu proses dan produk. Oleh karena itu , peneliti mencoba menerapkan pendekatan masalah terbuka dalam PBI terhadap hasil belajar pada materi listrik dinamis di SMA N 1 Menganti Gresik. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pengaruh pendekatan masalah terbuka dalam PBI terhadap hasil belajar siswa. Rancangan peneliti ini adalah true experiment design. Berdasarkan hasil analisis pre-test diperoleh kelas X-1, X-2 (kelas eksperimen), dan X-3 (kelas kontrol) berdistribusi normal dan homogen. Hasil post-test yang dianalisis menggunakan uji-t satu pihak menunjukkan bahwa thitung pada kelas eksperimen tidak terletak antara –t1-1/2α dan t1-1/2α dengan dk = (n1 + n2 +2) dan taraf signifikan α = 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol di indikasikan dengan nilai afektif terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai sebagai berikut: X-1 nilai afektif sebesar 78,262 dan hasil belajar sebesar 73,436; X-2 nilai afektif sebesar 75,993 dan hasil belajar sebesar 68,397; X-3 nilai afektif sebesar 71,321 dan hasil belajar sebesar 57,835. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan masalah terbuka dalam PBI lebih baik daripada dengan pembelajaran konvesional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Riyanti, S., & Kholiq, A. (2025). Pengaruh Penerapan Pendekatan Masalah Terbuka dalam PBI (Problem Based Instruction) ‎Terhadap Hasil Belajar di SMA N 1 Menganti Gresik. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 2(1), 26–30. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/1678

Issue

Section

Articles
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 31