ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING) FISIKA MATERI GAYA BERDASARKAN JENIS KELAMIN DI SMAN 3 SIDOARJO

Authors

  • EDOUARDO RAYMOND KAWENGIAN

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi fisika siswa laki-laki dan perempuan di SMAN 3 Sidoarjo, serta menganalisis perbedaan kemampuan menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi fisika antara siswa laki-laki dan perempuan di SMAN 3 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan instrument soal Force Concept Inventory yang diujikan kepada siswa laki-laki dan siswa perempuan untuk kemudian dianalisis. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika materi gaya siswa laki-laki adalah sebesar 48,15. Rata-rata hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika materi gaya kepada siswa perempuan adalah sebesar 34,33. Serta pada hasil uji-t satu pihak, didapatkan nilai thitung(3,895) ≥ ttable(1,735), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa rata-rata hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa laki-laki lebih tinggi dari rata-rata hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa perempuan.

Kata Kunci: berpikir tingkat tinggi, fisika, jenis kelamin

 

Abstract

This study has aims to describe the ability to solve high order thinking problems of physics of male and female student in SMAN 3 Sidoarjo, and to analyze the differences in the ability to solve problems of high order thinking of physics between boys and girls in SMAN 3 Sidoarjo. This study use an instrument the Force Concept Inventory tested to male students and female students for later analysis. From the results, it can be concluded that the average test results of high-level thinking skills of male students of physics material force is at 48.15. The average test results of high-level thinking skills physics style materials of female students amounted to 34.33. As well as the one hand t-test results, given a score thitung(3,895) ≥ ttable(1,735), so that H0 and H1 accepted. This means that the average test results of high order thinking skills of male students is higher than the average results of tests high order thinking skills of female students.

Keywords: high order thinking, physics, gender  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

14-06-2017

How to Cite

RAYMOND KAWENGIAN, E. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING) FISIKA MATERI GAYA BERDASARKAN JENIS KELAMIN DI SMAN 3 SIDOARJO. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/19763
Abstract views: 65 , PDF Downloads: 93