PENERAPAN METODE BRAIN GYM PADA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI SMP TRI GUNA BHAKTI SURABAYA
Abstract
Fisika merupakan salah satu llmu dalam bidang sains yang dipelajari melalui pendekatan matematis dan konseptual. Hal ini yang menyebabkan peserta didik menganggap bahwa fisika sebagai mata pelajaran yang sulit. Kesulitan belajar ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Penerapan metode pembelajaran yang bervariatif dan inovatif di dalam kelas perlu untuk dilakukan oleh seorang guru, agar pembelajaran menjadi lebih menarik, sehingga peserta didik akan aktif dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik dapat melalui brain gym. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan respons peserta didik dengan menerapkan metode brain gym pada model pembelajaran discovery learning pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design. Penelitian dilakukan di SMP Tri Guna Bhakti Surabaya dengan sampel 64 peserta didik kelas VII yang dipilih dengan teknik random assigmnet kemudian dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, tes, dan angket. Instrumen tes berupa tes pilihan ganda yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran dengan instrumen yang sama. Data pre-test dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas dan homogenitas didapatkan kedua kelas berdistribusi normal dan homogen dan post-test dianalisis dengan uji t satu pihak dan dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning metode brain gym dengan skor rata-rata sebesar 3,57 dalam kategori baik. (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen berbeda dan lebih baik daripada hasil belajar peserta didik kelas kontrol dengan nilai ttabel masing-masing sebesar 2,00 dan 1,67 dengan nilai thitung sebesar 6,58 pada taraf kepercayaan 95%. (3) Persentase rata-rata respons peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran mencapai 86% yang termasuk dalam kategori baik.
Kata kunci: Brain gym, discovery learning, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar dan
respons peserta didik
Abstract
Physics is one of the science subject through mathematical and conceptual approaches. This is why students assume that physics as a difficult subject. This learning difficulties lead to the study of students is low. One effort that can be done to improve the learning outcomes of physics students can go through the Brain Gym. This study aims to describe learning implementation, learning outcomes and learner responses by applying Brain Gym method on discovery learning model on the vibrations and waves material. This type of research is true experimental design. The study was conducted in Tri Guna Bhakti junior high school with a sample of 64 students of class VII selected by random technique assigmnet then divided into two classes, namely the experimental class and control class. Data were collected using an instrument of observation, tests and questionnaires. Test instruments in the form of multiple choice tests given before and after the lesson with the same instrument. Data pre-test were analyzed with normality and homogeneity test. Normality and homogeneity test results obtained both normal and homogeneous class distribution and post-test were analyzed by t-test of the party and the two parties. The results showed that (1) learning implementation by using discovery learning model with Brain Gym method with an average score of 3.57 in both categories. (2) The results of the experimental class students learn differently and better than the study of students with a control class ttabel value respectively of 2.00 and 1.67 with tcount of 6.58 at 95% confidence level. (3) The average percentage of learners response after implementing the learning to reach 86% which is included in both categories.
Keywords: Brain Gym, Discovery Learning, learning implementation, learning outcomes,
learner response
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

