Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Pemuaian

Authors

  • SRIFIANING RISTYA SARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi pemuaian setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan menggunakan media permainan monopoli. Desain penelitian yang digunakan adalah Control group pre-test post-test menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Tri Guna Bhakti Surabaya. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa semua kelas yang digunakan sebagai subjek penelitian berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian, keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan menggunakan media permainan monopoli secara keseluruhan dapat dilaksanakan dengan baik. Hasil belajar siswa melalui analisis uji-t satu pihak (uji pihak kanan) dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol,. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar ranah pengetahuan siswa kelas eksperimen. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan menggunakan media permainan monopoli pada materi pemuaian menunjukkan respon yang sangat baik.

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, TGT (Teams Games Tournament), permainan monopoli,

                       hasil belajar

 

Abstract

This research aims to describe the student’s learning achievement of junior high school on expansion material after learning with using monopoly media on cooperative learning model type TGT (Teams Games Tournament) have been done. Design of this research is a control group pre-test post-test with an experiment class and a control class. Subject of this research is student grade VII in SMP Tri Guna Bhakti Surabaya. The result of normality test and homogeneity test show that all of classes on grade VII are normal distribution and homogeny. Based on the result, cooperative learning type of TGT (Teams Games Tournament) activities is in good category. Learning achievement using t-test analysis can be concluded that the average of learning achievement in experimental class is higher than in control class. Student’s response to the implementation of monopoly media on cooperative learning model type TGT (Teams Games Tournament) on expansion material is very good

 

 

Key word: cooperative learning, TGT (Teams Games Tournament), Monopoly games,  Learning Achievement

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

14-06-2017

How to Cite

RISTYA SARI, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Pemuaian. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/19766
Abstract views: 56 , PDF Downloads: 75