PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN PANAS DI KELAS X SMAN 2 PONOROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) pada materi perpindahan panas di kelas X SMA Negeri 2 Ponorogo. Jenis penelitian ini yaitu pre experiment dengan rancangan penelitian one-group pre test-post test design. Sasaran penelitian yakni pembelajaran SAVIdi kelas X di SMA Negeri 2 Ponorogo diantaranya X-MIA 1, X-MIA 4, dan X-MIA 6. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas replikasi yakni kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X-MIA 4 serta X-MIA 6 sebagai kelas replikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran SAVI tahap pendahuluan, kegiatan inti, penutup dan pengelolaan waktu terlaksana dengan rata-rata 3,50 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dianalisis dengan uji-t berpasangan dan n-gain. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa berdasarkan analisis uji-t berpasangan diketahui terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas replikasi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yakni kelas X-MIA 1 dengan nilai <g> sebesar 0,65, kelas X-MIA 4 dengan nilai <g> sebesar 0,64, dan kelas X-MIA 6 dengan nilai <g> sebesar 0,59. Ketiga kelas mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap model pembelajaran SAVIberkategori baik dengan persentase sebesar 77% hingga 80%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Ponorogo pada materi perpindahan panas.
Kata kunci: SAVI, hasil belajar, respon siswa, perpindahan panas.
Abstract
This study aimed to describe the results of the application of SAVI learning model on the heat transfers of the material. This type of research is the study design pre experiment with one-group pre test-post test design. The research objectives namely Class X SMAN 2 Ponorogo including X-MIA 1, X-MIA 4, and X-MIA 6. This study used an experimental class and replication class. The X-MIA 1 as the experimental class and X-MIA 4 and X-MIA 6 as replications class. The results showed that SAVI learning processby an average of 3,50 included in a very good category. Improving student learning outcomes in the competence of the knowledge obtainedpaired t-testand n-gain score. Based on the analysis of paired t-test showed that there was an increase of learning outcomes significantly in experimental class and replication class. The results of student learning has increased the X-MIA 1 class obtained value <g> of 0,65, X-MIA 4 class obtained value <g> of 0,64, and X-MIA 6 class gain’s value <g> of 0,59. Third class showed that learning outcomes in the medium category. The response of students after learning applied get a percentage of 77% to 80% with a good category. Thus, it can be concluded that the application of SAVI learning model can be applied to improve the results of class X student at SMAN 2 Ponorogo on the heat transfers of the material.
Keywords: SAVI, learning outcomes, student response, heat transfers
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

