PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MENGGUNKAN METODE ADDIE PADA MATERI GERAK LURUS DI MAN SURABAYA

Authors

  • AINUN KHASANAH

Abstract

Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) dilakukan karena melihat kondisi di lapangan untuk siswa kelas X siswa merasa kesulitan dan kebingungan ketika melakukan percobaan, sehingga perlu dikembangkan LKS bergambar yang membantu siswa ketika percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan LKS dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Pada tahap develop dapat dilakukan uji validasi oleh ahli fisika, dan pada tahap implementation dilakukan uji coba terbatas di MAN Surabaya dengan melakukan observasi keterlaksanaan percobaan, hasil belajar siswa yang terdiri-dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta respon siswa terhadap LKS. Hasil Kelayakan LKS yang dikembangkan berdasarkan Validitas LKS diperoleh kriteria sangat layak dengan persentase 90%; keterlaksanaan percobaan diperoleh kriteria sangat baik dengan persentase 93,75%; Hasil Belajar siswa menggunakan uji-t mengalami peningkatan yang signifikan dengan kriteria peningkatan sedang dan skor N-gain yang diperoleh yaitu 0,5. Ketuntasan rata-rata kelas menyatakan bahwa 100% siswa tuntas dalam pembelajaran gerak lurus; Respon terhadap LKS yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat baik dengan persentase 90%. LKS telah disesuaikan kebutuhan siswa dilapangan dengan diberikan gambar yang membantu siswa  dalam melakukan percobaan, dan sesuai dengan teori belajar kontruktivis terkait siswa membangun pengetahuan sendiri, teori belajar Piaget terkait teori perkembangan kognitif siswa pada jenjang SMA, dan teori belajar Bruner terkait perkembangan kognitif mengenai gambar, sehingga LKS yang dikembangkan layak untuk digunakan. 

 

Kata kunci: Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS), LKS bergambar, Gerak Lurus, Model ADDIE.

 

Abstract

Development of student worksheets (LKS) was done because conditions in the field for student class X students become difficulties and confusion when experiment, so that needs to be developed LKS pictorial who help students when experiment. This study aims to to develop LKS valid , practical , and effective. Development LKS done with use the model ADDIE was (analysis , design , develop , implementation , evaluation). At the develop can undergone a validation by physicists, and at the implementation done trial limited in MAN Surabaya the conducting observations materialize experiment, study results students who consists of knowledge, skills, and attitude and response to LKS students. The appropriateness LKS developed based on the validity of LKS obtained criteria very reasonable with the 90%; Materialize experiment obtained criteria very well with the 93,75%; study results students use uji-t has increased significantly on the medium and score n-gain obtained the 0,5 . Average completion class said that 100% students completed in learning motion straight; response to LKS criteria developed be very well with the 90%. LKS have been adjusted student needs he and given picture help students in conducting a particular experiment and according to the theory learn contructivist related students build knowledge own, theoretical learning piaget related theory of the development of cognitive students on senior high school levels, and theoretical learning bruner related to the progress of cognitive on picture, so that LKS developed worthy to used.

 

Keywords: Development of Student Worksheet (LKS), LKS pictorial, Motion Straight, ADDIE was a model.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

14-06-2017

How to Cite

KHASANAH, A. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MENGGUNKAN METODE ADDIE PADA MATERI GERAK LURUS DI MAN SURABAYA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/19780
Abstract views: 138 , PDF Downloads: 134