PENGEMBANGAN ALAT PERAGA REL OSILASI KELERENG UNTUK MENENTUKAN PERCEPATAN GRAVITASI DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GETARAN HARMONIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan alat peraga rel osilasi kelereng dalam pembelajaran fisika pada materi getaran harmonis, mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar serta respon siswa setelah pembelajaran berlangsung. Desain penelitian menggunakan one shoot case study dengan model 4D meliputi tahap pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (develop) dengan dilakukan uji coba pada kelas XI SMA sebanyak 3 kelas. Metode analisa data meliputi hasil validasi kelayakan alat peraga rel osilasi, hasil belajar siswa yang terdiri dari penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan, serta analisa respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan validasi oleh dosen ahli terhadap alat peraga rel osilasi kelereng memperoleh 87,5% dengan kategori sangat layak digunakan, pembelajaran terlaksana sangat baik dengan persentase 95,33%, hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sebesar 76 dengan kategori baik, sedangkan hasil respon siswa adalah 82,21% yang termasuk dalam kategori sangat positif.
Kata Kunci: Rel Osilasi, Getaran Harmonis, Percepatan Gravitasi
Abstract
The aim of this research is describe feasibility of rail marble oscillation on physic leraning for harmonic oscillation, learning implementation, study result, and student response after learning with rail marble oscillation. Design of research was one shoot case study with 4D model consist of define, design, develop, and dessiminate. This research had been trough the development phase only with experiment in 3 class of XI senior high school. Technic analitycal data is the result of validity feasibility of rail marble oscillation, analitycal study result consist of kognitif, affective, psychomotor and student responses. Feasibility based on the result of the validation is 87,5% show very feasiblity, learning implementation is 95,33% show very good category , the study result showed 76 give good category, and student responses showed 82,21% give very possitive responses.
Keyword : Rail Oscilation, Harmonic Oscilation, Gravitation Acceleration
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

