PENGEMBANGAN SOAL-SOAL PENGETAHUAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI FLUIDA SMA

Authors

  • INTAN EKANANDA KIRANA

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan proses yang melibatkan operasi-operasi mental dengan  empat jenis keterampilan, yaitu: pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kritis, dan berpikir kreatif. Kenyataan lapangan menunjukkan bahwa belum pernah ada soal yang dikembangkan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dimana soal-soal tersebut memuat fenomena fisika secara nyata dan membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam penyelesaiannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kualitas soal-soal untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, (2) mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diukur menggunakan soal yang telah dikembangkan, dan (3) mengetahui respon siswa setelah digunakannya soal-soal pengetahuan yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah pengembangan dengan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Data untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan data untuk mengetahui respon siswa terhadap soal yang dikembangkan dengan menggunakan metode angket. Analisis kuantitatif dilakukan untuk mengolah data yang diperoleh. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah soal-soal pengetahuan fluida SMA dengan profil 40% C4, 35% C5, dan 25% C6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal yang dikembangkan memiliki validitas teoritik yang sangat baik, daya beda rata-rata baik, dan taraf kesukaran rata-rata sedang. Siswa SMA Negeri 5 Surabaya rata-rata dapat memperoleh nilai 57,69 pada soal C4, 70,71 pada soal C5, dan 51,26 pada soal C6. Siswa tertarik mengerjakan soal karena soal yang dikembangkan lebih logis dan inovatif.

 

Kata kunci : soal fisika, fluida, berpikir tingkat tinggi

 

Abstract

The abilty of higher order thinking is a process that involves mental operations with four types of skills in the process of higher order thinking, problem solving, decision making, critical anf creative thinking. Fact in the school indicate  had never develop problems for measure student’s high order thinking abilities, which load real physics phenomenon and lacked for high order thinking abilities to solve problems. The purpose of this study is to (1) know the quality problems to measure higher order thinking abilities of students, (2) know the profile of high level thinking skill of students generated by the question of who has develop, and (3) knowing the student response in high school after he used the knowledge question were develop. The method of this research is development by appliying a model of ADDIE (analysis, design, develop, implement, evaluate). The higher oreder thinking abilities of students data was collected by using test method and the response of students against the problem developed was collected by using form method. Quantitative analysis must be done for data process. Fluid problems which 40% C4, 35% C5, and 25% C6 is the product in this research. Result in this research were problems developed have very good theoritic validity, average daya beda good, and medium average difficulty. SMA Negeri 5 Surabaya’s student get average value 57,69 C4, 70,71 C5, and 51,26 C6.Students excited to solve the problems because the logic and innovative problems.

 

Keywords : a matter of physics, higher order thinking skill

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-06-2017

How to Cite

EKANANDA KIRANA, I. (2017). PENGEMBANGAN SOAL-SOAL PENGETAHUAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI FLUIDA SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/19945
Abstract views: 34 , PDF Downloads: 407