Pengembangan Alat Peraga Pemuaian Panjang Sebagai Media Pembelajaran Fisika Sub Pokok Bahasan Suhu Dan Pemuaian
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan alat peraga pemuaian panjang yang dikembangkan baik secara teoritis maupun secara empiris, hasil belajar, dan respons siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran yang menggunakan alat peraga pemuaian panjang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan dan model penelitian pengembangan yang dipilih adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan alat peraga pemuaian panjang yang divalidasi oleh tiga validator adalah 81,25%. Nilai tersebut menunjukkan kelayakan alat peraga secara teoritis. Alat peraga yang telah divalidasi diujicobakan di tiga kelas yang dipilih secara acak, hasil ujicoba yang diperoleh merupakan nilai pengetahuan, nilai sikap, dan nilai keterampilan. Alat peraga dianggap layak secara empiris jika mampu meningkatkan nilai pengetahuan siswa. Berdasarkan hasil pretest dan posttest dari ketiga kelas, diketahui bahwa kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 7 mengalami peningkatan masing-masing 0,41; 0,36; dan 0,40. Ketiga kelas menunjukkan peningkatan pada kategori sedang. Hasil belajar terintegrasi diperoleh dengan mengakumulasikan nilai posttest pengetahuan, nilai sikap, dan nilai keterampilan dengan bobot masing-masing adalah 5, 3, dan 2. Nilai rata-rata hasil belajar terintegrasi untuk kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 7 berturut-turut sebesar 74, 73, dan 73. Respons siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan alat peraga pemuaian panjang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan alat peraga mendapat respons positif dari masing-masing kelas. Respons rata-rata kelas X MIA 1 adalah 85,50%, kelas X MIA 2 adalah 84,12%, dan kelas X MIA 7 adalah 90,75%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa alat peraga pemuaian panjang layak sebagai media pembelajaran fisika.
Kata Kunci: Alat Peraga, Pemuaian Panjang , Kelayakan
Abstract
The purpose of this research is to determine eligibility of thermal expansion apparatus theoretically and empirically, study results after learning activities that uses thermal expansion apparatus, and students response to learning that uses thermal expansion apparatus. The kind of research is research development and the model is ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The result showed that the eligibility of thermal expansion apparatus been validated by three validator is 81,25%. This value represents eligibility props theoretically. Props that have been validated implemented on three class that chosen at random, the result is knowledge value, attitude value, and skills value. Props considered to be worth empirically if able to improve the students knowledge. Based on the results of pretest and posttest, show that X1, X2, and X7 increased 0,41; 0,36; and 0,40. Integrated study results obtained by posttest value, attitude value, and skill value. The average integrated value of X1, X2, and X7 is of 74, 73, and 73. The student response to learning that apply thermal expansion apparatus shows that learning by applying thermal expansion apparatus get positive response from each class. The response percentage of X1 is 85,50%, X2 is 84,12%, and X7 is 90,75 %. Can be concluded that thermal expansion apparatus is worth as learning physics media.
Key word: Props, Thermal Expansion, Eligibility
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

